Analisis Keunggulan Bersaing Produk Hand Sanitizer Antis Di Masa Pandemi

Arum Nurfajriani, Alfatih S Manggabarani, Marlina Marlina

Sari


Di masa Pandemi Covid-19, masyarakat dituntut untuk menjaga protokol kesehatan. Alat kesehatan dan kebersihan sangat dibutuhkan, salah satunya produk kebersihan hand sanitizer. Sehingga permintaan hand sanitizer mengalami penigkatan dan banyak merek hand sanitizer yang beredar dengan harga yang bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dirancang untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh inovasi produk, harga dan citra merek terhadap keunggulan bersaing produk hand sanitizer Antis. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang membeli atau sedang menggunakan hand sanitizer Antis di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Besar sampel yang digunakan adalah 96 responden dan digunakan metode non-probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Partial Least Square (PLS). Keunggulan bersaing dipengaruhi oleh variabel inovasi produk, harga dan citra merek sebesar 70,9%. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi produk, harga dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing


Kata Kunci


inovasi produk; harga; citra merek; keunggulan bersaing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Badi, K. S. (2018). The Impact of Marketing Mix on the Competitive Advantage of the SME Sector in the Al Buraimi Governorate in Oman. SAGE Open, 8(3). https://doi.org/10.1177/2158244018800838

Apriliani, L., & Ferdinand, A. T. (2015). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Market Share. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Astuti, N. R., & Nurtantiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Hand Sanitizer Nature Leaf Pada Remaja Di Surakarta. 3(1), 30–38.

Buchari, A. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeth.

Eko Adiwaluyo. (2019). Inovasi Terbaru, Enesis Group Luncurkan Antis Jasmine Tea. Marketeers.Com. https://marketeers.com/inovasi-terbaru-enesis-group-luncurkan-antis-jasmine-tea/

Enesis Group. (2018). Produk Hand Sanitizer Antis. Enesis.Com. https://enesis.com/

Ferdinand, A. T. (2014). Metode Penelitian Manajemen (4th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gozhali, I. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP.

Hunger, J. ., & Wheelen, T. . (2012). Strategic Management and Bussiness Policy: Toward Global Sustainability (13th ed.). Pearson Education,Inc.

Patmawati, N. S., & Syarif, R. (2020). Pengaruh Harga , Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Emina Di Mall Kota Kasablanka. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 3(November), 73–83.

Paulus, A. L., & Wardhani, Z. K. (2018). Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery : peran orientasi pasar , orientasi kewirausahaan , dan inovasi produk. Jurnal Manajemen, 10(2), 88–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v10i2.4080

Puspita, A., & Hadi, M. (2019). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga terhadap Keunggulan Bersaing Berkelanjutan pada Pengguna Smartphone Xiaomi Redmi. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(2), 3–6.

Rama D, A., Parlaungan N, A., & Safri, H. (2021). Strategi Diferensiasi Produk, Citra Merek, Targetting dan Positioning Pasar terhadap Keunggulan Kompetitif Minuman Lega di Labuhanbatu (Studi Kasus Konsumen Minuman Lega). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 01(01), 10–20.

Samsurijal Hasan. (2020). Promosi dan Harga Pemasaran Sebagai Faktor Dasar Untuk Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Produk Perusahaan Properti (Studi Kasus : Propertindo Wijaya Perkasa). 2(2), 157–171.

Sangadji, E.M., dan S. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Andi.

Sugiyarti, G., & Mardiyono, A. (2017). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Produk Busana Muslim pada Usaha Kecil Menengah di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Untag Semarang, 2, 36–44.

Sunyoto, D. (2015). Keunggulan Bersaing. PT. Buku Seru.

Taan, H. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha karawo di kota gorontalo. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 148–158. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/jbk/article/view/92/97

Top Brand Award. (2020). Top Brand Index Fase 2 2020 Kategori Cairan Antiseptik Pembersih Tangan. Topbrand-Award.Com. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=ANTIS

Udriyah, Tham, J., & Ferdous Azam, S. M. (2019). The effects of market orientation and innovation on competitive advantage and business performance of textile smes. Management Science Letters, 9(9), 1419–1428. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.009

Widyana, S. F., & Saputra, S. (2015). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Citra Merek Industri Jasa Kurir Dan Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing. 10(1), 51–57.

Wilar, O. W., G.Worang, F., & Soepeno, D. (2017). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Pt. Bank Central Asia, Tbk. Kantor Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 3845–3854. https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18082

Zuhdi, I., Muniroh, L., & Eldine, A. (2021). Pengaruh Harga Dan Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing. 4(1), 110–118.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.