PENGARUH TERPAAN IKLAN VIVO V15 DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei pada penyuka Vivo Indonesia di Group Line)

Rivaldo Pardamean, Ispawati Asri, Puri Bestari Mardani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Terpaan Iklan Vivo V15 di Televisi terhadap Minat Beli Konsumen (Survei kepada penyuka Vivo Indonesia di Group Line). Konsep atau Teori yang relevan dalam penelitian ini yaitu : Komunikasi Massa, Periklanan, Iklan dan Iklan di Media Televisi, Televisi, Minat Beli, Konsumen dan Teori S-O-R. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah Survei. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Group penyuka Vivo Indonesia di Line dengan jumlah sampel 66. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling. Teknik analisis pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y menggunakan Uji Regresi dan Uji Koefisien Determinasi. Teknik pengujian diproses menggunakan program SPSS (Stastical Product and Service Solution) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa korelasi dari Variabel X dan Variabel Y memiliki hubungan sedang . Berdasarkan hasil perhitungan Uji Regresi adanya pengaruh yang sedang dari Variabel X terhadap Variabel Y, sedangkan berdasarkan perhitungan Koefisien Determinasi adanya pengaruh Variabel Y ditentukan oleh Variabel X. Dengan demikian perhitungan t hitung > t tabel, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti semakin sering Terpaan Iklan Vivo V15 tayang di Televisi, maka semakin tinggi pula Minat Beli Konsumen terhadap Vivo tersebut.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, E. (2004). Komunikasi massa suatu pengantar. Bandung: Simbiosa Reckatama Media.

Baskoro, A.P. (2008). Analisis hubungan terpaan iklan. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Burton. (2007). Membincangkan televisi sebuah pengantar kepada studi televisi. Yogyakarta & Bandung: Percetakan Jalasutra.

Effendi. (1992). Ilmu komunikasi:teori dan praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Effendi. (2008). Dinamika komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ferdinand, Augusty. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Eksistensi. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Howard. (1994). Buyer behavior in markting strategy. New Jersey : Prentice Hall.

Jaiz. (2014). Dasar-dasar periklanan. Yogyakarta : Ruko Jambusar.

Kasali, R. (1992). Management periklanan konsep dan aplikasinya di indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, P. (1997). Manajemen pemasaran- analisis,perencanaan,impleme ntasi dan kontrol. Jakarta : Prenhalinndo.

Kotler, P. (2000). Manajemen Indonesia : Analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian. Terjemahan oleh A.B Susanto. Jakarta : Buku satu salemba empat.

Kriyantono. (2012). Teknik praktis riset komunikasi: Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif : Analisis isi dan analisis data sekunder. Jakarta : Pt RajaGrafindo Persada. McQuail. (1994). Fungsi media. Jakarta : Erlangga.

Moriaty, S. (2011). Advertising. (Edisi ke-8). Jakarta.

Morissan. (2007). Periklanan dan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta : Ramdina Prakasa.

Nitisusastro, M. (2013). Perilaku konsumen dalam perspektif kewirausahaan. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Shimp. (2003). Periklanan promosi aspek tambahan komunikasi terpadu. Jakarta :

Erlangga.Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit CV Alfabeta.

Sujawerni, V.W. (2014). Metodologi penelitian : Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustakabarupress

JURNAL

Ahmanara, D. (2018). Pengaruh Terpaan Iklan Pop Up di Aplikasi Spotify Non Premium terhadap Brand Awareness. Survei pada mahasiswa/i fakultas ekonomi di universitas al-azhar jakarta indonesia. 8-9.

Faza, M. A. (2018). Pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli melalui citra merek. Studi pada smarthphone xiaomi di kota yogyakarta. 9-11.

Tanca, J.T. & Lestari, S. B. (2018). Pengaruh terpaan iklan shopee di televisi dan interaksi reference group. 13-16Rosa, A. R. (2018). Pengaruh iklan di televisi (brand awareness dan brand attitude). Vivo smartphone dan tingkat kepercayaan tentang informasi vivo smartphone dan peer group terhadap keputusan pembelian produk vivo smartphone. 17-22.

Elsa & Firdaus, Y. (2015). Pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian sabun lifebouy. 10- 11.

WEBSITE

Canalys. (2019). Samsung leads in Indonesian smartphones as market surges ahead to close 2019 up 17.1%. Diakses dari https://canalys.com/freereport/la test-free-report?id=15192

Anindyati, H. (2017). Vivo menjadi sponsor resmi piala dunia FIFA 2018 dan 2022. Diakses dari https://www.liputan6.com/news/ read/2974357/vivo-menjadi- sponsor-resmi-piala-dunia-fifa- 2018-dan-2022


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.