LOGARITHMUS: KIT ROBOT EDUKASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENYONGSONG “MERDEKA BELAJAR

BONDAN EKA NUGRAHA, Retsiana Satyarti Gutami

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang harus dipenuhi secara mutlak. Pendidikan juga merupakan investasi dalam meraih sukses di masa depan. Di era revolusi industri 4.0, teknologi mulai dikembangkan untuk menunjang kualitas pendidikan modern. Hal ini penting karena teknologi yang berkembang pesat harus diikuti oleh perkembangan manusia yang cerdas pula (smart brainware). Kemajuan teknologi juga harus diimbangi dengan kemampuan manusia dalam mengembangkan teknologi tersebut sehingga generasi penerus bangsa dapat berkontribusi penuh dalam memajukan bangsa. Mengingat generasi muda Indonesia saat ini cenderung menjadi pengguna teknologi yang pasif dan kurang mengembangkan sumber daya yang ada di bidang teknologi, pendidikan berbasis teknologi perlu segera diterapkan sebagai inisiasi dan pengenalan siswa terhadap teknologi, terlebih di tengah pandemi seperti saat ini, pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam pendidikan adalah penggunaan robot edukasi sebagai media pembelajaran. Robot edukasi adalah paket lengkap media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat menjadi alternatif solusi untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Kami memperkenalkan Logarithmus yang merupakan terobosan baru di bidang teknologi pendidikan berupa platform belajar yang dikemas dalam bentuk kit robot edukasi dan aplikasi android. Logarithmus dapat membantu siswa memaknai teori yang dipelajari dengan langsung menerapkannya melalui media robot. Modul-modul yang dapat dikostumisasi dapat mengasah kreatifitas siswa dalam mengembangkan inovasinya untuk pemecahan suatu masalah. Aplikasi android yang dikembangkan memuat beberapa fitur menarik yaitu, Remote Control, Remote Sense, Blockly Programming, dan Let’s Play. Logarithmus menerapkan pendekatan systems thinking termodifikasi dalam konstruksi desain kit robot sehingga keberhasilan siswa dalam belajar dapat terukur. Penerapan pada pembelajaran dilakukan secara menantang dan menyenangkan seperti bermain game dan puzzle sehingga dapat menambah antusias siswa dalam belajar. Logarithmus adalah salah satu inovasi baru yang dapat diterapkan sebagai wujud dari semangat “Merdeka Belajar” yang diperkenalkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim untuk menyongsong Indonesia emas 2045. Logarithmus diharapkan mampu menjadi “mata” dalam melihat perkembangan teknologi yang sangat masif dan memicu semangat generasi muda dalam bersaing di kancah global pada bidang teknologi pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.