Rancang Bangun Sistem Informasi Ekstrakurikuler Berbasis Web (Studi Kasus : SMA Negeri 6 Bekasi)

Imara Acacia Khalda, Anita Muliawati, Bambang Tri Wahyono

Abstract


SMA Negeri 6 Bekasi memiliki sebuah kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan serta minat dan bakat yang dimiliki siswa untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal. Terdapat beberapa kendala dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu belum terpublikasinya informasi mengenai prestasi ekstrakurikuler, proses pendaftaran ekstrakurikuler, pencatatan absensi dan data penilaian ekstrakurikuler belum dilakukan secara terkomputerisasi sehingga dapat menyebabkan adanya kesalahan maupun kerangkapan data. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang sistem informasi ekstrakurikuler yang dapat melakukan pendaftaran ekstrakurikuler secara online, pencatatan absensi serta pengelolaan data prestasi ekstrakurikuler dan data nilai siswa ekstrakurikuler. Metode penelitan yang digunakan yaitu metode prototyping yang meliputi pengumpulan data, perancangan sistem, pengokodean menggunakan Bahasa pemograman PHP dan pengujian. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem informasi ekstrakurikuler berbasis web yang dapat meningkatkan performa sekolah dan membantu pembina dalam mengelola kegiatan ekstrakurikuler secara lebih mudah sehingga menunjang kemampuan peserta didik agar lebih berkembang.


Keywords


Sistem Informasi;Ekstrakurikuler;Prototyping

References


A. Mulyani and R. R. M. Fadilah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut Berbasis Web,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 177–186, 2015.

A. F. . Sibero, Web Programming Power Pack. Yogyakarta: Mediakom, 2013.

B. Sidik, Pemrograman Web dengan PHP. Bandung: Informatika, 2012.

W. Ragil, Pedoman Sosialisasi Prosedur Operasi Standar. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2010.

R. Ariani Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA, 2015.

M. Shalahuddin and A. . Rosa, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.