RANCANG BANGUN SISTEM PEMBELAJARAN DENGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (STUDI KASUS: SMAN 107 JAKARTA)

Maya Cholida Tahta Alfina, Anita Muliawati, Andhika Octa Indarso

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan teknologi yang semakin maju, khususnya teknologi komunikasi dan telekomunikasi memberikan peranan penting dalam kemudahan yang mendukung manusia dalam kehidupan sehari-hari. SMA Negeri 107 Jakarta merupakan salah satu sekolah negeri yang memiliki akreditasi “A” dan terus berupaya untuk dapat menjadikan semua peserta didiknya tidak hanya memiliki prestasi akademik tetapi juga memiliki keterampilan hidup sebagaimana tuntutan di era globalisasi ini.  Dalam proses pembelajarannya SMAN 107 Jakarta masih dilakukan dengan menggunakan metode konvesional dimana menyampaikan materi pembelajarannya melalui tatap muka dan juga kurangnya interaksi guru dan siswa, dan tidak semua siswa dapat memahami materi bahan ajar. Untuk mengatasi masalah tersebut dibangunlah sistem pembelajaran dengan learning management system yang bertujuan agar dapat membantu proses pembelajaran melalui konten video pembelajaran dan materi pembelajaran serta latihan-latihan soal. Sistem ini dapat digunakan disemua platform manapun karena sistem ini berbasis web. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah metode prototyping dan menggunakan analisis PIECES. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah sistem pembelajaran dengan learning management system yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan juga mutu kualitas pendidikan di SMAN 107 Jakarta.

ABSTRAK

Perkembangan teknologi yang semakin maju, khususnya teknologi komunikasi dan telekomunikasi memberikan peranan penting dalam kemudahan yang mendukung manusia dalam kehidupan sehari-hari. SMA Negeri 107 Jakarta merupakan salah satu sekolah negeri yang memiliki akreditasi “A” dan terus berupaya untuk dapat menjadikan semua peserta didiknya tidak hanya memiliki prestasi akademik tetapi juga memiliki keterampilan hidup sebagaimana tuntutan di era globalisasi ini.  Dalam proses pembelajarannya SMAN 107 Jakarta masih dilakukan dengan menggunakan metode konvesional dimana menyampaikan materi pembelajarannya melalui tatap muka dan juga kurangnya interaksi guru dan siswa, dan tidak semua siswa dapat memahami materi bahan ajar. Untuk mengatasi masalah tersebut dibangunlah sistem pembelajaran dengan learning management system yang bertujuan agar dapat membantu proses pembelajaran melalui konten video pembelajaran dan materi pembelajaran serta latihan-latihan soal. Sistem ini dapat digunakan disemua platform manapun karena sistem ini berbasis web. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah metode prototyping dan menggunakan analisis PIECES. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah sistem pembelajaran dengan learning management system yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan juga mutu kualitas pendidikan di SMAN 107 Jakarta.


Keywords


SMAN 107 Jakarta, learning management system, prototyping, PIECES.

References


Courts, B., & Tucker, J. (2012). Using Technology To Create A Dynamic Classroom Experience. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 9(2), 121–128.

Darmawan, D. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Janner, S. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Wetherbe, J. (2012). Systems Analysis and Design : Traditional (4th ed.). Best Practices.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.