PENGUKURAN TINGKAT KAPABILITAS APLIKASI MOBILE BANKING DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA DOMAIN APO DAN DSS (STUDI KASUS : BANK NEGARA INDONESIA (BNI) FATMAWATI)
Abstract
Penerapan teknologi informasi memiliki peran penting bagi organisasi baik pemerintahan maupun swasta. Berkembangnya teknologi informasi menjadi persaingan antar bank dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah. Dengan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih disegala bidang membuat perbankan terus berinovasi yaitu telah menyediakan layanan m-Banking, tanpa terkecuali Bank Negara Indonesia (BNI) menyediakan layanan BNI Mobile Banking (m-Banking), yaitu fasilitas layanan perbankan yang memberikan kemudahan nasabah dalam melakukan transaksi secara langsung dengan menggunakan smartphone. Dalam pencapaian misi BNI, maka Aplikasi BNI Mobile Banking sebagai salah satu wujud implementasi pelayanan yang diberikan kepada nasabah BNI harus dilakukan penilaian kinerja dan evaluasi untuk meningkatkan layanan. Penilaian optimasi kinerja sumber daya dilakukan dengan memanfaatkan kerangka kerja COBIT 5. Peneliti berfokus untuk melakukan pengukuran Capability Level pada proses Mengelola Hubungan (APO08.05), Mengelola Kualitas (APO11), Mengelola Bantuan Layanan dan Insiden (DSS02), Mengelola Masalah (DSS03), Mengelola Layanan Keamanan (DSS05).
Kata Kunci: BNI Mobile Banking, Capability Level, COBI 5, Assement.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Senamika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.