Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Pengaduan Sarana Dan Prasarana Berbasis Web (Studi Kasus Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Abstract
Abstrak. Pengaduan untuk sarana dan prasarana di lingkungan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta oleh sivitas akademik, saat ini diajukan secara langsung kepada Subbagian Umum dan Keuangan masing-masing fakultas. Selanjutnya, pengaduan tersebut diteruskan kepada bagian Urusan Sarana dan Prasarana Biro Umum dan Keuangan, yang merupakan penyedia layanan sarana dan prasarana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Selain itu, proses pengaduan ini masih berbentuk surat-menyurat sehingga tidak mencukupi untuk menampung keseluruhan pengaduan keluhan dengan cepat dan tepat. Tujuan dan hasil dari penelitian ini terciptanya aplikasi sistem pengelolaan pengaduan berbasis web yang dapat memudahkan sivitas akademik serta Biro Umum dan Keuangan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta untuk menyampaikan pengaduan terhadap sarana dan prasarana serta mengelola dan mengawasi kualitas sarana dan prasarana yang digunakan oleh seluruh sivitas akademik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Metode perancangan yang penulis gunakan adalah rapid application development. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penilitian ini yaitu wawancara dan observasi. Adapun yang digunakan untuk pengujian terhadap sistem ini adalah metode Blackbox Testing.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Aplikasi, Pengaduan Sarana dan Prasarana, metode perancangan, metode pengujian.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Senamika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.