Pengukuran Tingkat Kapabilitas Teknologi E-Learning 4.0 dengan menggunakan Framework COBIT 5 pada Domain EDM, APO, dan DSS (Studi Kasus: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)

Zefanya Wahyu Andrean, Rudhy Ho Purabaya, I Wayan Widi Pradnyana

Abstract


E-Learning 4.0 di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dikelola oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) yang dipimpin oleh Kepala Pusat E-Learning 4.0 LP3M. E-learning 4.0 merupakan hasil pengembangan dari versi e-learning sebelumnya dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran secara online. Untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan fasilitas e-learning 4.0 di UPN Veteran Jakarta, maka penulis merasa tertarik untuk mengukur tingkat kapabilitas dan keandalan e-learning 4.0 dengan menggunakan framework COBIT 5 pada Domain EDM, APO, dan DSS.

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kapabilitas e-learning di UPN Veteran Jakarta dengan menggunakan framework Control Objectives for Information and related Technology 5 (COBIT 5) dengan harapan dapat bermanfaat dalam meningkatkan tata kelola e learning sesuai standar COBIT, yaitu: 1) mengelola informasi dengan kualitas yang tinggi untuk mendukung keputusan bisnis; 2) mencapai tujuan strategi dan manfaat bisnis melalui pemakaian teknologi informasai secara efektif dan inovatif; 3) mencapai tingkat operasional yang lebih baik dengan aplikasi teknologi yang reliabel dan efisien; 4) mengelola risiko terkait teknologi informasi;  5) mengoptimalkan biaya dari layanan dan teknologi informasi; dan 6) mendukung kepatuhan pada hukum, peraturan, perjanjian kontrak, dan kebijakan. Penelitian ini dilakukan dengan membatasi pada domain EDM01 (Memastikan Pengaturan dan Pemeliharaan Tata Kelola), APO01 (Mengelola IT Management Framework), APO08 (Mengelola Hubungan), APO11 (Mengelola Kualitas), DSS01 (Mengelola Operasi), DSS05 (Mengelola Kelangsungan).


Keywords


Pengukuran Tingkat Kapabilitas;E-Learning 4.0;Framework COBIT 5

References


Andry, Johanes Fernandes. 2018. Audit Menggunakan COBIT 4.1 dan COBIT 5 dengan Case Study. Yogyakarta: TEKNOSAIN

Arifin, Muhammad dan Rini Ekayati. 2019. E-Learning Berbasis Edmodo. Yogyakarta: Deepublish

Dahiya, S. (2012). An e-Learning System For Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135

ISACA. (2012). COBIT 5 A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. USA: ISACA

ISACA. (2012). COBIT 5 Enabling Processes. USA: ISACA

ISACA. (2012). COBIT 5 Implementation. USA: ISACA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.