Penemuan Pola Asosiasi Pada Data Restoran Menggunakan Algoritma Hash Based

Triaji Doni Prakoso

Abstract


Restoran Waroeng Djamet merupakan salah satu restoran yang bergerak dalam bisnis kuliner. Banyaknya restoran yang bermunculan mengakibatkan ketatnya persaingan bisnis, sehingga restoran harus terus melakukan inovasi baik dalam segi rasa maupun strategi penjualan oleh pihak manajemen. Hal tersebut dapat diketahui dengan menggunakan metode data mining yaitu frequet itemset mining atau algoritma Hash Based dan association rule yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah penentuan frequent k-itemset dari kandidat k-itemset dengan jumlah yang besar dan juga mempercepat pemprosesan atau pengolahan informasi tentang kebiasaan pelanggan mengenai makanan atau minuman yang dibeli. Dengan pola kombinasi tersebut dapat menghasilkan informasi penting yang bermanfaat untuk yang akan diambil oleh Restoran Waroeng Djamet. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi itemset yang dapat menganalisa pola transaksi yang dibeli, terdapat pola yang dihasilkan dan digunakan untuk strategi penjualan pada restoran Waroeng Djamet, seperti desain katalog penjualan, eliminasi produk, mengetahui segmentasi pelanggan, dan penjualan silang (cross-selling).


Keywords


Data Mining, Association Rule, Algoritma Hash Based, Frequent Itemset, Restoran Waroeng Djamet.

References


Herawati, Fajar, A. 2013. Data Mining. (hlm. 3). Yogyakrta: CV ANDI OFFSET.

Aguru, Sirisha. Rao, B., M. 2014. A Hash Based Frequent Itemset Mining using Rehasing. India: Sri Vasavi Engineering Collage.

Ramadhan, Farha. 2017. Implementasi Algoritma Hash Based Terhadap Aturan Asosiasi untuk Menentukan Frequent Itemset Study Kasus Rumah Makan Seafood “Kita”. Yogyakarta: STMIK AMIKOM.

Prasetyo, Eko. 2012. Data Mining Konsep dan Aplikasi menggunakan MATLAB. (hlm. 2 dan 313-315). Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Sitanggang, LF. Dkk. 2014. Aplikasi Data Mining Association Rule Dengan Algoritma Fp-Growth Untuk Mengenali Pola Pembelian Pelanggan Pada Toko Kue (Studi Kasus: L’cheese Factory)6 Politeknik Caltex Riau.

Han, J, Kamber, M, Pei, J 2011, Data mining concepts and techniques, (ed. 3), Morgan Kaufmann, USA.

Aritonang, P 2012, Implementasi data mining dengan association rule dalam pengambilan keputusan untuk korelasi pengambilan produk menggunakan algoritma apriori, Skripsi, Universitas Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.