PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS: KOPERASI BHAKTI SEDANA SIMPAN PINJAM)

Nyoman Adipura Prasadha

Abstract


Koperasi merupakan salah satu aspek yang menunjang perekonomian masyarakat. Koperasi yang ada ini perlu dikembangkan agar koperasi tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Koperasi Bhakti Sedana adalah salah satu koperasi yang membantu menunjang perekonomian masyarakat dengan menyediakan jasa penyimpanan dan peminjaman uang dengan bunga yang rendah. Namun, Koperasi Bhakti Sedana tidak terbuka untuk umum. Anggota nya antara lain adalah para sahabat dan keluarga terdekat untuk mencegahnya penipuan. Sistem informasi pengolahan data yang telah ada dirasakan masih belum efektif dan efisien disebabkan karena sistem yang ada masih bersifat manual. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pengembangan Sistem Informasi Simpan Pinjam di Koperasi Bhakti Sedana yang berbasis web dengan tujuan untuk mempercepat dan mempermudah proses pengolahan data yang terjadi di Koperasi Bhakti Sedana. Dalam pengembangan sistem ini proses pengolahan data yang akan diolah adalah pengolahan data master yang terdiri dari data anggota dan data anggota serta data transaksi yang terdiri dari data penyimpanan simpanan, pengambilan simpanan, peminjaman dan data pembayaran pinjaman. Hasil dari prosedur ini adalah Sistem Informasi Simpan Pinjam di Koperasi Bhakti Sedana yang berbasis web dimana user terdiri dari tiga bagian yaitu ketua koperasi, admin dan anggota menggunakan Framework CodeIgniter dengan metode pengembangan sistem Waterfall. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa sistem yang dibangun dapat membantu proses pengolahan data secara efektif dan efisien baik pengolahan data anggota, data simpanan, pinjaman serta pembayaran pinjaman dan sistem dapat diakses dimanapun, kapunpun oleh anggota.

Kata kunci :Sistem Informasi, Koperasi, Simpan pinjam, Framework,CodeIgniter Waterfall


References


A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

A.S., Rosa dan M.Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung : INFORMATIKA

Sutabri, Tata. 2012. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Pressman, R.S. 2010, Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.