Penerapan Augmented Reality Hewan Burung Berdasarkan Klasifikasi Jenis Makanan Menggunakan Marker Based Tracking

Melani Novitasari, Budi Arifitama

Abstract


Pendidikan pada anak merupakan sangat penting, maka aspek yang harus diperhatikan adalah dengan menggunakan metode media pembelajaran. Salah satu nya dengan pemahaman mengenai pembelajaran klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya, yang dimana pembelajaran tersebut merupakan sub tema dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam kegiatan belajar disekolah tentang pemahaman penggolongan hewan berdasarkan makananya hanya disampaikan dengan presentasi atau hanya membaca buku pelajaran. Dengan adanya media alternatif berbeda berupa Augmented Reality, dapat membantu dalam mendukung proses belajar dalam memahami ilmu klasifikasi hewan burung berdasarkan makanannya yang dapat dilakukan diluar kegiatan belajar. Teknologi Augmented Reality digunakan dalam penelitian ini sebagai upaya dalam pemberian materi belajar mengajar disekolah menjadi lebih inovatif dan visual kepada para murid dalam belajar. Penelitian ini menggunakan teknologi AR yang dimana memerlukan suatu penanda atau marker sebagai acuan sistem dalam memunculkan objek 3D. Penggunaan marker ini merupakan suatu metode yang beranama metode Marker Based Tracking. Hasil dari pengujian membuktikan bahwa jarak pendeteksian dipengaruhi resolusi dari pixel, warna dan pencahayaan marker yang dapat diterima oleh system.

Keywords


Klasifikasi; Makanan; Marker Based Tracking

References


Dwi, S. and Kusuma, Y. (2018) ‘PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN TATA SURYA DENGAN MENGGUNAKAN MARKER BASED TRACKING’, pp. 33–38.

Hidayat, T. et al. (2017) ‘Animasi pop up pengenalan hewan beserta klasifikasinya kepada anak sekolah dasar menggunakan teknologi augmented reality’, II(April), pp. 65–74.

Oliver, J. (2013) ‘済無No Title No Title’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Pramono, A. and Setiawan, M. D. (2019) ‘Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan’, INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), p. 54. doi: 10.29407/intensif.v3i1.12573.

Pramono, H. (2019) ‘Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Game Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berbasis Mobile’, (January).

Ribeiro, A. A. et al. (1980) ‘An Approach to the Mapping of Internal Motions in Proteins. Analysis of 13C NMR Relaxation in the Bovine Pancreatic Trypsin Inhibitor’, Journal of the American Chemical Society, 102(12), pp. 4040–4051. doi: 10.1021/ja00532a011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.