Inovasi Digital: Aplikasi Konsultan dengan Fitur E-Commerce untuk Optimalisasi Layanan dan Penjualan Produk

Nadine Sadiya, Ghefira Ainur Rahima, Ahmad Ryan Widianto, Tri Rahayu

Abstract


Pengembangan aplikasi Nadira Beauty menyoroti integrasi fitur e-commerce dengan layanan konsultasi kecantikan yang dipersonalisasi. Inovasi ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan akan informasi yang akurat terkait produk skincare dan make-up, dengan memanfaatkan teknologi canggih seperti identifikasi warna kulit dan rekomendasi produk yang disesuaikan. Melalui penerapan metode manajemen proyek Scrum, Activity Network Diagram (AND), Gantt Chart, dan Precedence Diagram Method (PDM), pengembangan proyek dilakukan secara sistematis untuk memastikan efisiensi dan pencapaian target waktu. Aplikasi ini menawarkan berbagai manfaat, seperti penyediaan informasi produk yang akurat, peningkatan pengalaman belanja digital, dan kepuasan pelanggan melalui layanan yang lebih personal. Proyek ini menekankan pentingnya inovasi digital di industri kecantikan dengan memadukan teknologi modern dan kebutuhan konsumen, untuk menciptakan platform e-commerce yang aman dan efektif. Aplikasi Nadira Beauty diharapkan dapat menghadirkan pengalaman belanja yang interaktif dan memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan kecantikan mereka.


Keywords


E-commerce, Konsultasi Kecantikan, Rekomendasi Produk, Teknologi Modern

References


Adinda, Z., & Azira, M. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Skincare pada E-Commerce: Implementasi Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Sistem Informasi, Akuntansi dan Manajemen, 4(1), 01-12.

Eras, A. (2023). RANCANG BANGUN E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS PADA TOKO DELA STORE. Jurnal Teknologi Pintar, 3(5).

Salsabila, R. F., & Suyanto, A. M. A. (2022). Analisis faktor-faktor pembelian impulsif pada e-commerce kecantikan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 76-89.

Warkim, W., Muslim, M. H., Harvianto, F., & Utama, S. (2020). Penerapan Metode SCRUM dalam Pengembangan Sistem Informasi Layanan Kawasan. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 6(2).

Sutrisno, S., Ahmadi, A., & S Suharyo, O. (2018). The optimization of multipurpose building development on project scheduling using precedence diagram method (Pdm). JOURNAL ASRO, 9(1), 1.

Ningrum, I. F. (2020). PERBANDINGAN PENERAPAN METODE ADM (Activity Diagram Method) dan PDM (Precedence Diagram Method) PADA PENJADWALAN PROYEK BCA Foresta BSD City–Banten (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Indonesia).

Jamnuch, R., & Vatanawood, W. (2019). Transforming activity network diagram with timed petri nets. 2019 12th International Conference on Information & Communication Technology and System (ICTS), 125-129.

Aghniya Tussalma, A. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN MELALUI E-COMMERCE SHOPEE. Blantika: Multidisciplinary Journal, 1(1), 53-60.

Riorini, S. V., & Samia, N. (2024). Anteseden dari Repurchase Intention pada e-Commerce Produk Kecantikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7554-7562.

Sihaloho, F. A. T., Yacub, V. K., Pratiwi, D., & Kastamto. (2024). Analisis penjadwalan proyek menggunakan Critical Path Method (CPM). Jurnal Teknik Sipil SENDI, 5(1), 24-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.