E-CRM System Berbasis Web Di Sekretariat Pengadilan Pajak

Lutfi Yostiawan

Abstract


Sekretariat Pengadilan Pajak selain bertugas melaksanakan penyelesaian sengketa di bidang perpajakan, juga secara langsung memberikan layanan informasi kepada stakeholdernya yang merupakan pihak yang bersengketa. Dalam memberikan layanan kepada stakeholdernya, tidak semua stakeholder merasa puas atas layanan yang diberikan. Terdapat keluhan dari stakeholder belum dapat diselesaikan secara tepat dan tepat karena terdapat gap komunikasi antara Sekretariat Pengadilan Pajak dengan stakeholdernya. Diperlukan sistem untuk mengetahui lebih jauh kebutuhan dan harapan melalui sudut pandang stakeholder sehingga memudahkan organisasi dalam menyusun strategi pelayanan. Sistem Customer Relationship Management merupakan suatu sistem yang cukup tepat untuk diterapkan di Sekretariat Pengadilan Pajak dalam menyelesaikan masalahnya, karena fokus untuk membina hubungan jangka panjang dengan stakeholder.  Dengan sistem ini dapat tercipta sistem electronic Customer Relationship Management (e-CRM) di Sekretariat Pengadilan Pajak yang dapat memberi kemudahan berinteraksi dan mengelola para stakeholdernya. Sistem ini dapat memberi kemudahan dalam menentukan strategi layanan yang akan diberikan kepada stakeholdernya.

Keywords


Manajemen Hubungan Pelanggan, Sekretariat Pengadilan Pajak, hubungan pelanggan teknologi informasi

References


Asiseh, Fatmawati, Kertahadi, and Riyadi. 2013. “Penerapan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan.” Jurnal Administrasi Bisnis 1 (April): 208–18. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.

Djunaedi, Ahmad. 2002. “Beberapa Pemikiran Penerapan E-Government Dalam Pemerintahan Daerah Indonesia.” Seminar Nasional “E-Government dan Workshop Linux” FMIPA UGM Yogyakarta: 1–15.

Kotler, Philip.1997, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.

Kotler dan Armstrong. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Wisnu Chandra Kristiaji. Jilid 2. Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlangga.

Munir. 2000. Manajemen Pelayanan Publik. Bina Aksara. Jakarta.

O’Brien, J. A., (2002). Customer Relationship Management, Management Information Systems: Managing Information Technology inthe E-Business Enterprise. New York: McGraw-Hill Higher Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.