Model Bisnis dan Strategi Pemasaran Produk “Mochi Bites” di Industri Makanan Modern

Cornelia Lidya, Hasuna Zhafirah Jalianti, Afifi Rufaida, Mas Roro Putri Rhilowati Septiani, Tri Rahayu

Abstract


Abstrak. Mochi Bites adalah inovasi camilan tradisional Jepang yang mengusung konsep mochi tanpa isian, disajikan dengan cara dicelupkan ke dalam berbagai jenis krim seperti cokelat dan vanila. Produk ini menawarkan rasa variatif dan tampilan menarik dengan karakter lucu dan warna cerah, yang ditujukan untuk menarik perhatian anak-anak, remaja, dan penggemar kuliner. Dengan harga terjangkau, Mochi Bites bertujuan memberikan pengalaman baru dalam menikmati camilan tradisional. Melalui wawancara mendalam dan analisis pasar, ditemukan bahwa konsumen tertarik pada produk yang menggabungkan tekstur mochi dengan krim lezat, serta daya tarik visual yang menarik. Penelitian ini menunjukkan potensi besar bagi Mochi Bites untuk berkembang di pasar kuliner lokal dengan pemanfaatan strategi pemasaran yang tepat dan platform digital.


 



Keywords


Mochi Bites, inovasi produk, pemasaran digital, tren konsumen, industri makanan ringan, analisis, bisnis.

References


Fandy Tjiptono, A. D. (2020). Pemasaran.

Saraswati, D. (2020). Digital Marketing dan Dampaknya terhadap Usaha Mikro di Era Pandemi. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Inovasi Digital, 3(1), 45-53.

K. Y. P. Dinata danE. Chumaidiyah, “Pengembangan model bisnis pada Serantau Coffee dengan menggunakan pendekatanBusiness Model Canvas,” eProceedings Eng., vol. 6, no. 2, 2019.

Putra, A. I., & Diana, A. (2020). Perancangan e-commerce dengan business model canvas untuk peningkatan penjualan pada toko parfum. Jurnal Telematika, 15(1), 19-28.

Wiswasta, I. G. N. A., Agung, I. G. A. A., & Tamba, I. M. (2018). Analisis SWOT.

Kiyosaki, R. T. (2000). The cashflow quadrant: Guide to financial freedom. Warner Books.

Jogiyanto, H. M. (2021). Tujuan analisis SWOT: Mengetahui kondisi internal serta eksternal perusahaan yang bermanfaat sebagai pedoman dalam proses perancangan strategi agar berjalan optimal, efektif, dan efisien. Dalam T. F. Anggreani (Ed.), Faktor-faktor yang mempengaruhi SWOT: Strategi pengembangan SDM, strategi bisnis, dan strategi MSDM (suatu kajian studi literatur manajemen sumber daya manusia) (hal. 1-10). Jurnal Ekonomi dan Manajemen. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5

Rika Sylvia, & Diana Hayati. (2023). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 125-134.

Kie, L. (2023). Sweet and Easy Japanese Desserts: Matcha, Mochi and More! A Complete Guide to Recipes, Ingredients and Techniques. Tuttle Publishing.

Dialysa, F. (2024). Inovasi Perencanaan Keuangan menggunakan Artificial Intelligence (AI) Click Up pada UMKM Chibi-chibi Mochi. Aksi Nyata: Jurnal Pengabdian Sosial dan Kemanusiaan, 1(4), 71-80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.