Pengembangan Sistem Monitoring dan Alerting Dengan Menggunakan TICK Stack di Sistem Operasi Linux

abdi marulitua sipahutar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem monitoring terdahulu yang telah digunakan pada PT XXX yaitu Nagios 3 dengan sebuah sistem monitoring baru yang lebih baik untuk memantau sistem aplikasi dan kesehatan infrastruktur jaringan perusahaan tersebut. Paper ini fokus untuk mengembangkan sistem monitoring yang ada saat ini (Nagios 3) dengan memilih salah satu dari 3 sistem monitoring open source terbaru berbasis technology stack yang sangat popular digunakan saat ini. Tick stack merupakan salah satu sistem monitoring open source berbasis technology stack yang banyak digunakan untuk memantau sistem aplikasi dan infrastruktur jaringan. Pada paper ini akan dijelaskan kelebihan sistem monitoring yang dipilih dan kekurangan sistem monitoring saat ini, serta mengapa peneliti memilih menggunakan tick stack.

Keywords


Nagios, monitoring sistem, alerting, tick stack, sensu, prometheus, Linux, Microsoft Windows, Mac OS, open source, Server.

References


Bader Andreas, Kopp Oliver, Falkenthal Michael, 2017. Survey and Comparison of Open Source Time Series Databases. Lecture Notes in Informatics (LNI), Gesellschaft für Informatik

Brazil Brian,. (2018). Prometheus: Up & Running Infrastructure and Application Performance Monitoring.

Sophon Mongkolluksamee, Panita Pongpaibool, Chavee Issariyapat, 2015. Strengths and Limitations of Nagios as a Network Monitoring Solution. Klong Luang, Pathumthani 12120, Thailand.

Churilo Chris (2019). InfluxDB vs. Graphite for Time Series Data & Metrics Benchmark, (May), https://www.influxdata.com/blog/influxdb-outperforms-graphite-in-time-series-data-metrics-benchmark


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.