ANALISIS DAN PERANCANGAN PEMBELIAN MAKANAN BERBASIS MOBILE DENGAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS: KANTIN SEKOLAH)

Iman Turky, Detarafa Putri Anindya, Nazwa Allysa Putri, Tri Rahayu, Mohamad Bayu Wibisono, Rudhy Ho Purabaya

Abstract


Kantin merupakan bagian penting dari kehidupan sekolah, menyediakan makanan dan minuman bagi siswa, guru dan staf. Namun, dalam proses pembelian di kantin seringkali masih dihadapkan dengan berbagai kendala seperti antrian yang panjang dan keterbatasan waktu. Artikel ini membahas analisis dan perancangan sistem pembelian makanan berbasis mobile menggunakan metode terstruktur dengan studi kasus kantin sekolah. Kantin sekolah masih menggunakan metode konvensional pada proses pembelian makanan. Maka diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan dalam kegiatan penjualan dan pembelian. Sistem informasi ini dibangun menggunakan pengembangan sistem basis data menggunakan metode terstruktur, metode analisis fishbone, serta desain dfd, erd, kamus data, dan user interface yang memadai. Hasil yang diharapkan dari analisis ini yaitu menemukan aplikasi dan mobile untuk memudahkan penjual dan konsumen. Diharapkan konsumen dapat menghemat waktu karena tidak perlu mengantri panjang secara langsung, cukup memesan secara online dari mana saja, ketika pesanan sudah selesai di produksi, konsumen hanya perlu mengambil ke kantin yang dituju. Tentunya pembelian makanan menggunakan aplikasi dan mobile akan berlangsung lebih cepat, akurat dan efisien dari penjualan dan pembelian makanan secara konvensional


Keywords


Kantin, Pembelian, Fishbone, Waterfall

References


A.Vandy Pramujaya, Dwi Agustina Kurniawati (2019). Analisis Penyebab Kegagalan Packer Machine Pada Bag Transfer System Dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA), Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), dan Fishbone Analysis. 125–132, 2019.Amrullah Roy, "Analisis Antrian Dalam Pendaftaran Pengobatan Pasien Menggunakan Metode Fishbone (Studi Kasus : Rsud Moewardi Solo)", Jurnal Sistem Informasi Vol.5 No.1, 2018

Alfian Johan P, "Integrasi Waiting Line dan Fishbone Diagram Sebagai Optimasi Jumlah Fasilitas Antrian Migrasi Rekening Bank", Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, Vol.8, No.1, 2022

Megayanti A, dan Amrullah R, "ANALISIS ANTRIAN DALAM PENDAFTARAN PENGOBATAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE FISHBONE (STUDI KASUS : RSUD MOEWARDISOLO)", Jurnal Sistem Informasi Volume.5 No.1, 2018

https://journal.irpi.or.id/index.php/malcom/article/view/920/431. Accessed 5 April 2024. “https://badoystudio.com/contoh-dfd/.”

https://journal.irpi.or.id/index.php/malcom/article/view/920/431. Accessed 5 April 2024.

Data Flow Diagram, https://arna.lecturer.pens.ac.id/Modul_RPL_S2/03%20Data%20Flow%20Diagram.pdf. Accessed 5 April 2024.

https://epublikasi.digitallinnovation.com/index.php/sempatin/article/view/85/32. Accessed 5 April 2024. “https://badoystudio.com/contoh-dfd/.”

“√ Lengkap! Contoh DFD dilengkapi dengan Penjelasannya.” Badoy Studio, https://badoystudio.com/contoh-dfd/. Accessed 5 April 2024.

Assauri, Sofjan. 2020. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 14. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Brien, J. O., & Markas, G. (2011). Management Information System (Vol. 10th).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.