ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM VIRTUAL REALITY “WANDERVR” UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA DAN EFISIENSI PENGELOLAAN PARIWISATA

Ahmad Rizki Awaluddin, Bani Bahari Hakim, Benazir Azra, Hafizh Abdul Haq, Muhammad Faisal Rizaldi, Zatin Niqotaini, Dwi Vernanda

Abstract


Perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang signifikan pada sektor pariwisata, seperti kemudahan akses informasi, promosi destinasi wisata, dan peningkatan ekonomi. Namun demikian, industri pariwisata di Indonesia masih memiliki beberapa masalah seperti kurangnya daya tarik dan efisiensi pada pengelolaan destinasi wisata. Pariwisata  dengan media virtual reality telah  dipelajari menggunakan Zaltman Metaphor Elicitation Technique (ZMET). Menggabungkan pariwisata virtual dan blogging memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi dan mempelajari suatu destinasi sebelum melakukan perjalanan sebenarnya, memberi mereka nuansa dan cita rasa baru terhadap destinasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam mengenai efektivitas teknologi virtual reality dalam meningkatkan daya tarik wisata, memperkuat keterlibatan wisatawan, dan mendukung keputusan strategis dalam pengelolaan destinasi pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode yang berfokus pada studi kasus di destinasi wisata di Indonesia berdasar pada jurnal (Jung & tom Dieck, 2017) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Melalui pengembangan sistem virtual reality, wisatawan dapat mengakses informasi mengenai destinasi wisata, tur virtual, dan pengalaman interaktif yang ditingkatkan sebelum dan selama kunjungan mereka. Evaluasi dilakukan melalui ulasan dari wisatawan, analisis data sistem, dan wawancara dengan pengelola pariwisata. Hasil penelitian ini adalah sebuah rancangan sistem virtual reality yang berpeluang untuk meningkatkan daya tarik wisata, dan mendukung pengambilan keputusan strategis dalam pengelolaan destinasi pariwisata.


Keywords


virtual reality, pariwisata

References


Jung, T.H., and tom Dieck, MC. (2017). Augmented reality, virtual reality and 3D printing for the co-creation of value for the visitor experience at cultural heritage places, Journal of Place Management and Development, 10(2), 140-151. https://doi.org/10.1108/JPMD-07-2016-0045

Anandhyta, A. R., & Kinseng, R. A. (2020). Hubungan tingkat partisipasi dengan tingkat kesejahteraan masyarakat dalam pengembangan wisata pesisir. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(2), 68-81. https://doi.org/10.22146/jnp.60398

Rahma, A. A. (2020). Potensi sumber daya alam dalam mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 1-8. https://doi.org/10.22146/jnp.52178

Kusumadewi, N., Nurizki, A. F., Pratama, A. B., & Semarang, U. N. (2019). MVR Abbas: Multimedia virtual reality game berbicara bahasa arab untuk siswa jenjang menengah pertama. Arabi : Journal of Arabic Studies, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.136

Wiradhika, N., Sastromiharjo, A., & Mulyati, Y., (2021, Maret 28). Pemanfaatan teknologi virtual reality untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 396–401. http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1373

Calisto, M., & Sarkar, S. (2024). A systematic review of virtual reality in tourism and hospitality: The known and the paths to follow, International Journal of Hospitality Management, 116. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2023.103623

Hartini, S., Cathleya, C. & Sukaris, S. (2020). Virtual Reality: Aplikasi teknologi untuk peningkatan kunjungan wisatawan. Journal of Business and Banking, 9(2), 215-227. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.2014

Niqotaini, Z., & Budiman, B. (2021). Analisis penerimaan Google Classroom menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia). Sistemasi : Jurnal Sistem Informasi, 10(3), 637-661. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i3.1376

Khaqiqi, S., & Alfansi, L. (2022). Penerimaan teknologi Virtual Reality untuk Virtual Tourism di Indonesia dengan metode pendekatan Technology Acceptance Model(TAM). Journal of Indonesian Tourism, Hospitality, and Recreation, 5(1), 53-66. https://doi.org/10.17509/jithor.v5i1.43751

Prambayun, A., Oktaviany, D., & Achmad, Y. F. (2022). Analisis potensi Virtual Reality sebagai strategi pemasaran pariwisata Kota Pagar Alam. Jurnal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.