Sistem Informasi Arsip Elektronik (e-Arsip) Berbasis Web di Kantor Kecamatan Blanakan

Tiara Iffatunadia, Helena Nurramdhani Irmanda

Abstract


Beberapa manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya penerapan teknologi pada pengarsipan dokumen yaitu, proses mencari dokumen terasa lebih mudah, cepat, tepat, dan lainnya. Kantor Kecamatan Blanakan memiliki tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan dengan baik. Mereka mengadakan proses administrasi, dimana proses tersebut membutuhkan pengarsipan dokumen. Namun, peningkatan volume dokumen yang terus bertambah setiap hari, menyebabkan proses pengarsipan dan pengelolaan mengalami kendala berupa lamanya proses temu kembali dokumen, kerusakan pada dokumen, susunan dokumen yang kurang terorganisir, dan tidak lengkapnya dokumen karena tercerai-berai. Solusi yang penulis tawarkan untuk menangani kendala-kendala tersebut adalah sebuah sistem informasi arsip elektronik (e-Arsip) berbasis web. Perancangan sistem pada penelitian ini menggunakan metode waterfall dan untuk pembuatan web menggunakan framework Laravel. Kebutuhan user digambarkan dengan UML dan uji coba sistem akan dilakukan dengan metode black box testing. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi e-Arsip Kantor Kecamatan Blanakan yang mampu melewati semua skenario uji coba dengan baik.



Keywords


Arsip, Web, Waterfall, Laravel, UML, Kantor.

References


Liswati. 2021. Produk Kreatif dan Kewirausahaan Teknik Komputer Jaringan SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Gramedia Widiasarana indonesia.

Cahyanti, Dwi Mae. 2019. Proses Kegiatan Administrasi Kesekretariatan Pada PT. Kawasan Berikat Nusantara. Laporan Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Astriratma, R., dan Irmanda, H. N. 2021. “A STUDY OF SIRIP DESA AT CITERAS, LEBAK, BANTEN AN ARCHIEVAL INFORMATION SYSTEM”. Jurnal Riset Informatika, 3(2), 101-108.

Narissa, T. S., dan Irmanda, H. N. 2022. “Sistem Informasi Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar di Kecamatan Cibodas”. PROSIDING SEINASI-KESI, 1(1), 82-89.

Arsip. 2023. Pada KBBI Daring. Diambil 18 Maret 2023, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/arsip.

Nurahmadan, I. F., Winarno, P. A., Ibrahim, A. M., Humamda, G. I., dan Seta, H. B. 2021. “Perancangan Sistem Arsip Persuratan Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta (Si-APIK) dengan Framework Laravel dan Metode Pengembangan Waterfall”. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya (Vol. 2, No. 1, pp. 386-397).

Putra, M. G. L., Natasia, S. R., Wiranti, Y. T., dan Sadriansyah, H. O. 2020. Media Pembelajaran Dengan Metode GAMIFICATION. Semarang: Van Duuren Media.

Febiharsa, D., Sudana, I. M., dan Hudallah, N. 2018. “Uji Fungsionalitas (Blackbox Testing) Sistem Informasi Lembaga Sertifikasi Profesi (SILSP) Batik dengan AppPerfect Web Test dan Uji Pengguna. Joined Journal”. Journal of Informatics Education, 1(2), 117-126.

Yudhanto Yudho, dan Helmi Adi Prasetyo. 2019. Mudah menguasai framework laravel / Yudho Yudhanto & Helmi Adi Prasetyo. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yurindra. 2017. Software Engineering. Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.