Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Rahma Bakery Berbasis Web

Rendi Fauziana, Daffa Malaeka Adyori, Muhammad Putra Fauzan, Rahmanita Budiawanty, Rio Wirawan

Abstract


Dalam perkembangan teknologi informasi yang pesat, berbagai sektor kegiatan manusia telah memanfaatkan teknologi yang tujuannya adalah untuk membantu memberikan kemudahan dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan informasi dan data. Begitu pula dalam sektor bisnis, seperti Rahma Bakery, yang merupakan suatu bisnis bergerak di bidang penjualan berbagai jenis roti dan kue. Rahma Bakery ingin mengimplementasikan penggunaan sistem informasi berbasis web, karena hal tersebut penting dalam pengelolaan operasionalnya. Melalui implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Rahma Bakery berbasis web, masalah-masalah seperti redudansi data, pengelolaan arsip yang rumit, kesalahan dalam penginputan data, dan keterlambatan pembuatan laporan dapat diatasi. Dalam proses perancangan dan pengembangannya, Sistem Informasi Manajemen Rahma Bakery Berbasis Web ini menggunakan metode pengembangan sistem berbasis waterfall. Sistem Informasi Manajemen Rahma Bakery dapat dioperasikan oleh tim internal mencakup pegawai, admin, dan juga pemilik untuk membantu proses kerja yang lebih efisien dan optimal dalam menjalankan operasional bisnis.


Keywords


Sistem Informasi Manajemen, Perancangan, Metode Waterfall

References


Heriyanto, Y. (2018), ‘Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car’, Jurnal Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 64–77.

Hasibuan, Malayu SP. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2019). Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall . Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 273–276.

Nugroho, Bunafit., 2009. Latihan membuat aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver.Yogyakarta : Gava Media.

Rahayu, W. I., Fajri, R. R., & Hambali, P. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Penentu dan Share Promosi Produk kepada Pelanggan dari Website ke Media Sosial Berbasis Desktop. Kreatif Industri Nusantara.

Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 126.

Handika, I. G., & Purbasari, A. (2018). Pemanfaatan Framework Laravel Dalam Pembangunan Aplikasi E-Travel Berbasis Website. Konferensi Nasional Sistem Informasi STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 1329–1334.

Hermanto, B, Yusman, M, & Nagara, N 2019, ‘Sistem Informasi Manajemen Keuangan pada PT. Hulu Balang Mandiri Menggunakan Framework Laravel’, Jurnal Komputasi, vol. 7, no. 1, pp. 17–26

Putri, G. K., Wirawan, R., Zaidah, A. (2023). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website Pada Catering Dapur Lugty. SENAMIKA, Vol 4, No 1.

Veri, R., Matondang, N. (2023). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Spare Part Elektronik Berbasis Web Pada Cipta Teknik. SENAMIKA, Vol 4, No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.