Implementasi Agile Scrum Dengan Menggunakan Trello Sebagai Manajemen Proyek Pembuatan Website Bioskop Online

Afifah Khairiyyah Rusli, Khaira Isyara Isyara, Chiekal Mulia, Mohamad Reyhand Fatturahman, Andi Purnomo

Abstract


Teknologi informasi telah mengalami perkembangan yang cukup pesat selama beberapa tahun ke belakang, yang secara tidak langsung mengubah cara manusia mengakses informasi dan hiburan, dalam hal ini bioskop. Pada penelitian ini, dilakukan pembangunan aplikasi berbasis website Bioskop Online yang bisa memudahkan orang-orang yang ingin menonton film di bioskop tapi malas keluar rumah, atau tempat tinggalnya yang jauh dari bioskop. Pada pengembangannya, penelitian ini menggunakan metode pengembangan agile scrum yang dianggap cocok untuk membangun aplikasi Bioskop Online dengan recuirement yang tidak terlalu kompleks dan memiliki jangka waktu. Untuk membantu proses pengembangan website, penelitian ini menggunakan aplikasi trello yang dapat memudahkan product owner, scrum master dan anggota tim scrum untuk berkoordinasi dan memanajemen proses pengerjaan project. Penelitian ini berhasil menghasilkan website Bioskop Online yang memenuhi acceptance criteria yang diuji menggunakan teknik pengujian black box testing. 


Keywords


Teknik Scrum, Agile, Manajemen Proyek, Bioskop Online

References


Siswanto AB, Salim MA. Manajemen Proyek. CV. Pilar Nusantara; 2019 Dec 30.

KBBI Daring, “KBBI,” 2023.

D. Kurniawan, Kupas Tuntas Bisnis & Penghasilan Online. Elex Media Komputindo, 2013.

M. R. Adani, “Metode Agile Development dalam Pengembangan Perangkat Lunak,” https://www.sekawanmedia.co.id/blog/metode-agile-development/, 2023.

Firdaus MA. Implementasi Kerangka Kerja Scrum Pada Manajemen Pengembangan Sistem Informasi. Semnasteknomedia Online. 2017 Feb 4;5(1):1-2.

N. H. Novri and M. Nasir, “IMPLEMENTASI METODE SCRUM DALAM RANCANG BANGUNG SISTEM INFORMASI PENJUALAN (STUDY KASUS: PENJUALAN SPERPART KENDARAAN),” IMPLEMENTASI METODE SCRUM DALAM RANCANG BANGUNG SISTEM INFORMASI PENJUALAN (STUDY KASUS: PENJUALAN SPERPART KENDARAAN), 2022.

Tohirin T, Widianto SR. Peran Trello dalam Adopsi Agile Scrum Pada Pengembagan Sistem Informasi Kesehatan. Multinetics. 2020 Jun 7;6(1):32-9. [8] M. R. Adani, “Mudahnya Kolaborasi Kerja dengan Menggunakan Aplikasi Trello,” https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-trello/, 2021.

H. R. Suharno, N. Gunantara, and M. Sudarma, “Analisis penerapan metode scrum pada sistem informasi manajemen proyek dalam industri & organisasi digital,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 19, no. 2, p. 203, 2020.

Supono and V. Putratama, Pemrograman WEB dengan menggunakan PHP dan framework codeigniter. Yogyakarta : Deepublish, 2016.

Amarta AA, Anugrah IG. Implementasi Agile Scrum Dengan Menggunakan Trello Sebagai Manajemen Proyek Di PT Andromedia. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi. 2021 Dec;4(6):528-34.

Billah MT, Nuraminah A. Pengembangan Sistem E-Commerce dengan Framework Laravel dan Vuejs Menggunakan Metode Scrum. Jurnal Teknik Informatika dan Elektro. 2022 Jul 30;4(2):130-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.