Pengembangan Sistem Informasi Display Jadwal Perkuliahan dengan Framework Laravel Menggunakan Metode Scrum

Teuku Binzar Nawaf Musyaffa, Muhammad Rizky Perdana, Ahmad Rasyid Yusdi, Ahlijati Nuraminah

Abstract


Proses perkuliahan pada umumnya sudah dijadwalkan sejak awal semester. Pada kondisi tertentu dapat terjadi perubahan pada jadwal yang telah ditentukan.  Perubahan jadwal seharusnya dapat diinformasikan dengan jelas kepada mahasiswa sehingga tidak menimbulkan masalah. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan suatu sistem untuk memberikan informasi secara cepat dan akurat ketika proses perkuliahan tersebut terganggu seperti berganti jadwal atau berpindah ruangan. Sistem ini diharapkan dapat diakses oleh mahasiswa pada tempat-tempat tertentu di area kampus yang mudah dijangkau. Framework Laravel dipilih karena cepat dan mudah dalam proses pengembangan. Selain itu digunakan metode Scrum di mana proses pengembangan dilakukan secara iteratif untuk menghasilkan sistem sesuai yang diharapkan pada setiap iterasinya.  Hasil implementasi sistem menunjukkan bahwa dari 11 fitur yang telah ditentukan, 7 fitur berhasil diselesaikan dengan baik sesuai dengan kebutuhan, sedangkan 4 fitur lainnya akan dikembangkan pada rilis selanjutnya. Penggunaan metode Scrum dalam pengembangan sistem informasi display jadwal perkuliahan membantu tim menghasilkan sistem yang memenuhi kebutuhan pengguna. Dalam waktu pengembangan yang relatif singkat hanya selama 5 minggu, sistem sudah dapat diselesaikan dapat siap untuk digunakan.

Keywords


Jadwal Kuliah, Display Informasi, Scrum, Laravel

References


F. C. Permana, A. Kusuma, S. Prawatya, S. Sylviani, dan A. N. Wiriadikusumah, “Rancang bangun sistem informasi display jadwal perkuliahan kampus upi di cibiru berbasis web,” INTEGRATED (Information Technology and Vocational Education) , vol. 2, no. 1, hlm. 7–14, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://jadwal.kd-cibiru.upi.edu/

A. Triyono dkk., “Implementasi Raspberry Pi Untuk Aplikasi Signate Board Jadwal Kuliah Berbasis Web Dengan Sistem Operasi Linux,” 2018.

I. Gede Handika dan A. Purbasari, “Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 STMIK Atma Luhur Pangkalpinang,” 2018.

Mgs. A. Firdaus, D. R. Indah, dan Idris, “Penerapan Scrum Agile Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Mahasiswa Bidikmisi Berbasis Web (Studi Kasus Di Universitas Sriwijaya),” Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya, vol. 4, 2016.

T. Rizaldi, D. P. S. Setyohadi, dan H. Y. Riskiawan, “Implementasi Metodologi SCRUM dalam Pengembangan Sistem Pembayaran Elektronik Pada Usaha Mikro Kecil Menengah,” Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN Tahun 2016, 2016.

A. Nuraminah, “Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Proyek Pengembangan Perangkat Lunak Menggunakan Scrum Maturity Model: Studi Kasus PT. XYZ,” I-STATEMENT, vol. 2, no. 2, hlm. 1–16, 2016.

U. Ependi, “Implementasi Model Scrum pada Sistem Informasi Seleksi Masuk Mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang,” Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 3, no. 1, 2018.

M. Billah dan A. Nuraminah, “Pengembangan Sistem E-Commerce dengan Framework Laravel dan Vuejs Menggunakan Metode Scrum Mu’tashim Billah,” JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN ELEKTRO, vol. 4, no. 2, hlm. 130–136, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/jutei

I. Ali Mohamed dan J. Yang, “Identifying the challenges of communication in implementing Agile Scrum in Embedded system development in distributed team,” 2021. [Daring]. Tersedia pada: www.bth.se

S. Sauda, N. Oktaviani, dan M. Bunyamin, “Implementasi Metode Scrum Dalam Pengembangan Test Engine Try Out Sertifikasi,” JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), vol. 3, no. 3, hlm. 70, Agu 2019, doi: 10.14421/jiska.2019.33-07.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.