Sistem Informasi Pelayanan Tempat Kos Kampus Sekitar Lingkungan UPN Veteran Jakarta Berbasis Web

Early Ariesabilal Satianto, Nurhafifah Matondang

Abstract


Peran teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Teknologi informasi dirancang untuk membantu menangani berbagai masalah sehari-hari. Sebagai subjek hunian sementara, yang paling diminati oleh pendatang yaitu mahasiswa-mahasiswa baru di sekitar Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Penginapan sementara ini lebih dikenal dengan nama kos-kosan. Kendala Mahasiswa baru ini adalah sulitnya mendapatkan informasi tentang lokasi kost. Mereka terkendala oleh pengetahuan yang terbatas mengenai rute kota dan jalan. Aplikasi ini akan memanajemen data-data kos yang sudah terdata setidaknya 24 kos an dan memberikan informasi rinci dan lokasi yang tepat melalui GoogleMaps. Selain itu, program ini juga menawarkan keuntungan bagi pengelola akomodasi yang dapat memasarkan rumah kosnya secara online ke masyarakat luas. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi dengan tujuan dapat membantu dan mempermudah para mahasiswa/i baru dalam menemukan kos kosan yang dekat dengan kampus UPNVJ.


Keywords


Sistem Informasi, Kos, Website, GPS, Google Maps

References


Rifaldi, Muhamad Reza. "Sistem Informasi Pencarian Indekos Berbasis Website di Kawasan Universitas Widyatama." (2019).

Rosadi, Dadi, and Feby Oktarista Andriawan. "Aplikasi sistem informasi pencarian tempat kos di kota bandung berbasis android." Jurnal Computech & Bisnis (e-Journal) 10.1 (2016): 50-58.

Yusmaida, Yusmaida, Neneng Neneng, and Agus Ambarwari. "Sistem Informasi Pencarian Kos Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Hill Climbing." Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi 1.1 (2020): 68-74.

Simanjuntak, Reynald Hermanto, Herman Tolle, and Ratih Kartika Dewi. "Pengembangan Aplikasi Mobile Geotagging Fasilitas Tanggap Darurat Bencana Alam Menggunakan Algoritma Polylines sebagai Pencarian Rute Terdekat." J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN 2548 (2019): 964X.

Berlian, Berlian Fajar Prayogo, and Rangga Sanjaya. "Sistem informasi absensi menggunakan foto selfie dan geotagging." Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika 3.2 (2021): 145-150.

Citra, kusuma “Nama-Nama Rumah Kos Di Kecamatan Pauh” (Tinjauan Semantik) (2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

Firdaus, Rizqi Maulana. "Perancangan Sistem Informasi Pencarian Hotel Di Wilayah Jember Dengan Menggunakan Google Maps Api." (2015).

Usman, Usman, and Masdi Masdi. "Aplikasi Pencarian Lokasi Kos Di Kota Tembilahan Berbasis Web Mobile." Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi 7.1 (2018): 38-47.

Defitria, Ulfani, Bayu Priyambadha, and Denny Sagita Rusdianto. "Pembangunan aplikasi social geotagging destinasi wisata berbasis android." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 2.12 (2018): 6610-6617.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.