Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Pada CV Garasithrift Menggunakan Framework Codeigniter

Fery Oktabrian, Helena Nurramdhani Irmanda

Abstract


Sistem Penggajian merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan keuangan sebuah perusahaan. CV Garasitrift yang merupakan sebuah perusahaan di bidang busana masih menggunakan sistem penggajian secara manual dan presensi bergabung dengan tepi kanan coffee. Untuk memenuhi kebutuhan sistem penggajian diperlukan sebuah pembaruan terhadap sistem informasi penggajian. Salah satu manfaat dari aplikasi penggajian adalah mencegah terjadinya kerusakan data, kehilangan data, dan duplikasi data. Dalam melakukan analisis penelitian penulis menggunakan Metode PIECES dalam menentukan kebutuhan sistem kedepannya. Selain itu untuk pengembangan sistem lebih lanjut penulis menggunakan Metode Waterfall untuk menyesuaikan kebutuhan dari sistem yang di kembangkan melalui hasil wawancara dengan calon pengguna. Pembuatan aplikasi digunakan menggunakan Tools Sublime Text sebagai tempat membuat kode program, kemudian tools Figma sebagai perancangan User Interface, dan MySQL sebagai penyimpanan data menuju database. Berdasarkan penelitian yang sudah sudah dilakukan kemudian dilakukan pengujian menggunakan sistem black box testing bahwa aplikasi penggajian yang sudah dibuat sudah terhindar dari bug dan dapat digunakan oleh CV Garasitrift tentunya hal ini dapat memudahkan CV Garasitrift dalam melakukan penggajian pada karyawan, melakukan penginputan presensi pegawai, dan pembuatan slip gaji pegawai.


Keywords


Penggajian, Waterfall, Web, MySQL.

References


Reza, F., Zulhalim, Z., & Rini, A. S. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PENGGAJIAN KARYAWAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA PO ARISTA TEHNIK JAKARTA. Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, 1(2), 95. https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v1i2.446

Gumilar, A. (2018). Pengaruh Gaji dan Masa kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Infomedia Nusantara Bandung (Skripsi). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Prasetyo, E. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmanyah Kabupaten. Jurnal Informanika, I(2).

Munthe Rasyid, I. (2017). Penerapan Model Waterfall Pada Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru SMK Swasta Teladan Rantauprapat Berbasis Web. Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, V(3).

Nurjamiyah, & AR, D. (2018). Analisis Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Mahasiswa Menggunakan PIECES pada Prodi Sistem Informasi STTH-Medan. Journal of Information Systems, II(2), 37–46.

Shalahuddin, M., & A.S, R. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus: Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, I(3).

Irawan, D., Novianto, Z. (2020). PERANCANGAN ELEARNING PADA SMAN 1 KOTA LUBUK LINGGAU MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (CI). Jurnal Digital Teknologi Informasi, 3.

Afni, R., Pakpahan, N., & Rezky Jumarah, A. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DENGAN IMPLEMENTASI METODE WATERFALL.

Efendi, F. (Tidak ada tanggal). Analisis of the Implementation of the Simple Salary Sim Application. Business and Accounting Research (IJEBAR), 4. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.