Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Website di SMP Negeri 1 Warungkiara

Rahmat Gunawan, Kraugusteeliana Kraugusteeliana

Abstract


SMP Negeri 1 Warungkiara merupakan Sekolah Menengah Pertama Negeri yang berada di Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. SMP Negeri 1 Warungkiara ini belum memanfaatkan teknologi informasi dengan baik sehingga dalam memberikan informasi kepada peserta didik menjadi kurang efektif, Serta dalam menyebarkan informasi kepada siswa masih menggunakan Whatsapp melalui surat yang dicetak dan pengumuman secara langsung, Yang mana prosedur ini memiliki tingkat kesalahan informasi yang cukup tinggi. Dan dari pihak siswa baru juga membutuhkan informasi yang cepat dan tepat, tetapi pihak pengelola sekolah belum memiliki sistem informasi yang dapat membantu peserta didik. Penilaian hasil pembelajaran juga masih menggunakan penilaian manual cetak serta dalam memberi nilai yang mana hal ini tidaklah efektif dan efisien. Selain itu data menjadi terduplikat dan sulit untuk menemukan mana data yang paling baru. oleh karena itu, solusi yang diberikan berupa rancang bangun sistem informasi akademik sekolah berbasis website. Dalam merancang bangun sistem dibutuhkan metode pengembangan menggunakan metode penelitian scrum dan dalam pengembangannya penulis merancang aktivitas proses menggunakan diagram UML yang dapat mempermudah dalam merancang sistem. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi akademik sekolah berbasis website yang dapat melakukan pengolahan data dan laporan,  mengoptimalkan kinerja staf sekolah, prosedur sistem menjadi lebih efisien, dan memudahkan mencari informasi bagi siswa.

Keywords


PHP,SIAKAD,SCRUM,UML.

References


M. Php, D. M. Tumini, and M. Fitria, “Penerapan Metode Scrum Pada E-Learning Stmik Cikarang,” Jurnal Informatika SIMANTIK, vol. 6, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://www.simantik.panca-sakti.ac.id

M. B. Winanti and E. Prayoga, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Di Sma Tamansiswa Sukabumi,” 2018.

A. Mubarak, J. J. Metro, and K. T. Selatan, “Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek,” 2019.

L. Oktaviani and M. Ayu, “Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Dua Bahasa SMA Muhammadiyah Gading Rejo,” vol. 6, no. 2, p. 2021, 2021, doi: 10.30653/002.202162.731.

F. S. Hamdi and I. Maita, “Pelatihan Pembuatan Website Memanfaatkan Wix Untuk Blog Pribadi Pada Siswa SMAN 2 Gunung Talang,” CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, vol. 2, no. 2, pp. 64–69, Nov. 2022, doi: 10.57152/consen.v2i2.471.

W. Aldi Wahyu Setiawan and F. Nabyla, “Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MYSQL Di SMK Nurul Huda NU Paguyangan,” 2022. [Online]. Available: www.journal.peradaban.ac.id

R. D. Kristy and W. A. Kusuma, “Analisis Tingkat Kepuasan Dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Malang,” vol. 2, no. 1, pp. 17–24, 2018.

Z. Efendi and T. Rahayu, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Online Berbasis Web Pada Paud Assibyan Serang Banten,” 2022.

P. Nabila, R. Ho Purabaya, and A. Octa Indarso, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-learning Berbasis Website Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jonggol”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.