SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA SPARE PART ELEKTRONIK BERBASIS WEB PADA CIPTA TEKNIK

Ripai Veri, Nurhafifah Matondang

Abstract


Cipta teknik adalah usaha dalam bidang pelayanan jasa terutama dalam bidang elektronik seperti perbaikan, penjualan, dan pembelian spare part yang masih melakukan proses layanan secara manual melalui pesan dan telepon, untuk proses pengelolaan data menggunakan buku besar yang belum memadai dan tidak menggunakan sistem komputer sebagai media alat bantu. Penelitian ini merancang dan membangun sistem informasi berbasis website untuk memudahkan pihak cipta teknik dalam proses jasa layanan elektronik. Metode yang digunakan penulis adalah metode Waterfall dengan pengidentifikasian masalah menggunakan metode PIECES, Bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework Laravel, database yang digunakan adalah MySQL dan test uji coba dengan metode black box testing. Hasil yang didapatkan, yaitu sebuah sistem informasi pelayanan jasa spare part elektronik berbasis website sehingga bisa membantu cipta teknik dalam pengelolaan dan pelaporan data, adanya fitur-fitur seperti login, register, tambah data, edit data, hapus data, checkout, riwayat dan upload gambar.

Keywords


Sistem Informasi, Pelayanan Jasa, Elektronik, Waterfall.

References


Heriyanto, Y. (2018), ‘Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car’, Jurnal Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 64–77.

Setijaningrum, E. (2020). Inovasi Pelayanan Publik. Surabaya: PT. Medika Aksara Globalindo.

Nugroho, Bunafit., 2009. Latihan membuat aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta : Gava Media.

Rahayu, W. I., Fajri, R. R., & Hambali, P. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Penentu dan Share Promosi Produk kepada Pelanggan dari Website ke Media Sosial Berbasis Desktop. Kreatif Industri Nusantara.

Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2019). Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 273–276.

Handika, I. G., & Purbasari, A. (2018). Pemanfaatan Framework Laravel Dalam Pembangunan Aplikasi E-Travel Berbasis Website. Konferensi Nasional Sistem Informasi STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 1329–1334.

Hermanto, B, Yusman, M, & Nagara, N 2019, ‘Sistem Informasi Manajemen Keuangan pada PT. Hulu Balang Mandiri Menggunakan Framework Laravel’, Jurnal Komputasi, vol. 7, no. 1, pp. 17–26.

Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 126.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.