Sistem Kunci Pintu RFID dan Password Berbabasis Arduino Uno dengan One Time Password melalui SMS

Andhika Ghifari Aditya

Abstract


Andhika Ghifari Aditya

 

 

Abstrak

 

 

Sistem kunci pintu yang masih menggunakan kunci konvensional memiliki banyak kekurangan diantaranya mudah rusak, mudah untuk dibobol dan cenderung mudah di duplikat oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga mengurangi kenyamanan dan keamanan. Dizaman sekarang ini mulai dikembangkan tentang sistem kunci pintu elektronik. berbeda dengan kunci konvensional, kunci elektronik gerakannya otomatis setelah mendapatkan input dari tanda pengenal dan password yang dikirimkan melalui SMS, salah satu alat pengenal yang dapat penulis gunakan yaitu RFID (Radio Frequency Identification) dan One Time Password untuk pengenalan akses masuk dan keypad matrix 4x3 untuk menginput password OTP. Pada penelitian ini membahas tentang pembuatan prototipe sistem kunci pintu RFID dan One Time Password yang pemrosesannya menggunakan Arduino Uno yang nantinya juga akan memproses kunci elektronik berupa Solenoid Door Lock, serta akan memberikan pemberitahuan melalui SMS ketika ada akses masuk menggunakan password darurat dan ketika ada yang mencoba untuk membobol kunci pintu dengan kartu yang belum didaftarkan atau dengan memasukan password yang salah.

 

 

Kata Kunci : RFID, Arduino Uno, One Time Password, Keypad Matrix 4x3


Keywords


RFID, Arduino Uno, One Time Password, Keypad 4x3

References


damarjati, d. (2016, November 26). news.detik.com. Diambil kembali dari detiknews: https://news.detik.com/berita/d-3355554/ditinggal-pergi-2-jam-rumah-di-mampang-dibobol-maling

Guntoro, H., Somantri, Y., & Haritman , E. (2013). RANCANG BANGUN MAGNETIC DOOR LOCK MENGGUNAKAN KEYPAD DAN SOLENOID BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO. ELECTRANS, 39-48.

Musliyana, Z., Arif, T. Y., & Munadi, R. (2016). Peningkatan Sistem Keamanan Otentikasi Single Sign On (SSO) Menggunakan Algoritma AES dan One-Time Password Studi Kasus: SSO Universitas Ubudiyah Indonesia. Rekayasa Elektrika, 21-29.

Permana, E., & Ardiyansyah, T. (2013). PEMANFAATAN RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION) UNTUK KEAMANAN PINTU LEMARI BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328 . Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi , 2252-4517 .

Rossano, A. A., & Purnomo, J. (2016). DESAIN DAN PROTOTIPE KUNCI PINTU OTOMATIS MENGGUNAKAN RFID BERBASIS ARDUINO UNO. Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, Vol. 21 No.2.

Santosa, F. (2013, 5 14). Arduino Uno. Diambil kembali dari https://febriadisantosa.weebly.com/knowledge/arduino-uno

Sweeney, P. J. (2005). RFID FOR DUMMIES. Indiana: Wiley Publishing.

Tjahjono, R. D., Prasita, A., & Widodo, A. A. (2016). IMPLEMENTASI UNIQUE CODE NOMINAL TRANSFER MENGGUNAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR UNTUK ORDER DEPOSIT. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 43-44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.