Analisis User Interface Dan User Experience Dengan Menggunakan Metode User Centered Design Pada Aplikasi Brimo (Bri Mobile)

Muhammad Restu Alfiansyah, Anita Muliawati, Ria Astriratma

Abstract


Bank BRI merupakan salah satu bank di Indonesia yang sudah memberikan layanan terbaik dengan layanan digitalisasi kepada nasabahnya. Salah satu inovasi BRI dengan layanan digitalisasi adalah BRImo (BRI Mobile) yang masih terus dikembangkan. Sistem informasi pada aplikasi BRImo belum pernah dianalisis mengenai bagaimana pendapat pengguna mengenai interface dari aplikasi BRImo dan bagaimana pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi tersebut dengan metode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis user interface dan user experience aplikasi BRImo dengan menggunakan metode pendekatan yaitu User Centered Design¬ (UCD) dengan Teknik System Usability Scale (SUS) untuk menentukan nilai kebergunaan (usability) dan user testing menggunakan tools maze untuk mempermudah mendapatkan hasil testing. Penelitian ini menghasilkan tampilan antar muka baru dalam bentuk prototype yang dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan saran terhadap aplikasi BRImo dengan peningkatan nilai kebergunaan (usability) sebesar 17 agar pengguna dapat merasakan experience yang baik saat menggunakan aplikasi BRImo.

Keywords


User Interface, User Experience, User Centered Design (UCD), System Usability Scale (SUS)

References


F. F. Rahmawati, R. C. Nugroho, and A. Zaidiah, “Perancangan Desain User Interface Lost and Found,” Senamika, vol. 1, no. 1, pp. 312–318, 2020, [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/349.

ISO 9241-210, “Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems,” International Standard, 2, 1– 33, 2019. https://www.iso.org/standard/77520.html.

Y. Hendriyani, S. Kom, and M. Kom, Pemrograman Android: Teori dan Aplikasi. Penerbit Qiara Media, 2020.

Y. A. Rahman, E. D. Wahyuni, and D. S. Pradana, “Rancang Bangun Prototype Sistem Informasi Manajemen Program Studi Informatika Menggunakan Pendekatan User Centered Design,” J. Repos., vol. 2, no. 4, p. 503, 2020, doi: 10.22219/repositor.v2i4.433.

E. Tirtadarma, A. E. B. Waspada, and E. F. Jasjfi, “Kajian Peranan Desain UX (Pengalaman Pengguna) - UI (Antar Muka Pengguna) Mobile Application Kategori Transportasi Online terhadap Gaya Hidup Bertransportasi Masyarakat Urban,” J. Seni dan Reka Ranc. J. Ilm. Magister Desain, vol. 1, no. 1, p. 181207, 2018, doi: 10.25105/jsrr.v1i1.4046.

A. W. Soejono, A. Setyanto, A. F. Sofyan, and W. Anova, “Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan S ystem Usability Scale ( Studi Kasus : Website UNRIYO ),” vol. XIII, pp. 29–37, 2018.

I. Imron, “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 19–28, 2019, doi: 10.31294/ijse.v5i1.5861.

Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.