Penggunaan Metode Rapid Application Development (Rad) Dalam Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Pada Pt Adyawinsa Telecommunication & Electrical

Aldi Ramadhan, Ati Zaidiah, Mohamad Bayu Wibisono

Abstract


Sistem informasi suatu sistem yang terdapat di dalam organisasi yang menyatukan kebutuhan pengelolah kegiatan strategi dari suatu organisasi. Penerapan perusahaan dalam menggunakan sistem informasi untuk dapat mendukung sumber daya manusia perusahaan agar dapat berkembang dengan teknologi masa kini. Pada PT Adyawinsa Telecommunication & Electrical masih menerapkan cara manual dengan menggunakan kertas dalam pengelolaan data pegawai perusahaan. Dengan adanya kemajuan teknologi sistem ini dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menerapkan suatu sistem informasi kepegawaian pada PT Adyawinsa Telecommunication & Electrical. Sistem ini dapat membantu proses pengelolaan data pegawai perusahaan agar dapat terstruktur, efektif dan efisien. Model yang digunakan untuk proses perancangan sistem perangkat lunak yaitu Rapid Application Development (RAD) dan disertai dengan bahasa pemodelan sistem secara visual menggunakan Unified Modelling Language (UML). Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah terbentuknya sebuah website sistem informasi kepegawaian pada PT Adyawinsa Telecommunication & Electrical untuk memudahkan proses pengelolaan data pegawai.

Keywords


Sistem Informasi, Pengelolaan, Kepegawaian, Rapid Application Development (RAD)

References


Santi, I. H. (2020). Analisa Perancangan Sistem. Penerbit NEM.

Hidayat, W., Wandayana, A. B., & Fadriansyah, R. (2016). Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi Dan Informasi Di Smk Avicena Rajeg Tangerang. Jurnal Cerita, 2(1), 56-69.

Prehanto, D. R., Kom, S., & Kom, M. (2020). Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Sutabri, T. (2012). Analisis sistem informasi. Penerbit Andi.

Kurniawati, E. (2021). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit NEM.

Sulistiono, H., Kom, S., & Kom, M. (2018). Coding Mudah dengan CodeIgniter, JQuery, Bootstrap, dan Datatable. Elex Media Komputindo.

N. F. Putri, Jashinta Anggriana and Soeliman, “ANALISIS DAN IMPLEMENTASI REPORTING SERVICE PADA APLIKASI ABSENSI PNS MENGGUNAKAN SSRS,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 2, no. 1, pp. 27–32, 2017.

Handayani, S. (2018). Perancangan sistem informasi penjualan berbasis e-commerce studi kasus toko kun jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182-189.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian aplikasi menggunakan black box testing boundary value analysis (studi kasus: Aplikasi prediksi kelulusan smnptn). Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 1(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.