PENGEMBANGAN APLIKASI AGREE MERCHANT BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE SCRUM

Naritha Cahya Wardhani, Rio Wirawan, Akhmad Dahlan

Abstract


Dalam era revolusi industri 4.0, teknologi banyak memberikan dampak besar terhadap kehidupan manusia. Salah satunya yaitu dalam bidang pertanian. Sektor pertanian menjadi salah satu penyelamat perekonomian Indonesia disaat industri lain sedang mengalami penurunan. Namun, masih banyak petani yang belum memiliki akses untuk memasarkan  hasil produksinya. Produk petani tidak dikenal masyarakat luas tanpa adanya pemasaran dan akses penjualan yang baik, sehingga dapat menurunkan pendapatan petani yang  berdampak negatif terhadap perekonomian mereka. Kendala yang dihadapi saat ini tidak hanya sistem pemasarannya saja, tetapi juga sistem penjualannya masih melakukan sistem manual dan melibatkan banyak pihak, sehingga proses penjualan saat ini masih sangat tidak efisien. Melihat kasus yang sedang dialami dengan para petani di Indonesia, maka Agree membangun platform digital agrikultur bagi para petani untuk memasarkan produknya. Pada penelitian ini, penulis membahas bagaimana melakukan rancang bangun sistem informasi aplikasi agree merchant yang dapat memudahkan untuk menunjang proses penjualan produk pertanian. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode Agile dengan mengadopsi Kerangka Kerja Scrum. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi berbasis website yang digunakan untuk  memberikan akses pemasaran dan kemudahan dalam melakukan transaksi penjualan.


Keywords


Penjualan, Pemasaran, Pertanian, Website

References


Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Arbie,Erwan, 2000, Pengantar SIstem Informasi Manajemen, Jakarta : Bina Alumni Indonesia.

Alexander F.K. Sibero. 2013. Web programming power pack. MediaKom, Yogyakarta.

Pratama, M. A., Kharisma, A. P. and Brata, A. H. (2019) ‘Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(3), pp. 2761–2767.

Rizkita, N., Rosely, E., & Nugroho, H. (2018). Aplikasi Pendaftaran & Transaksi Pasien Klinik Hewan di Bandung Berbasis Web. EProceedings of Applied Science, 4(3), 1512–1520.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.