Perancangan Sistem Informasi Inventarisasi Barang Berbasis Web (Studi Kasus Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 2 Pandeglang)

Ahmad Munjazi, Nurhafifah Matondang

Abstract


Inventarisasi barang merupakan proses pencatatan data yang berhubungan dengan barang atau aset dalam suatu instansi, organisasi, maupun pelaku bisnis. Umumnya dalam kegiatan pencatatan inventarisasi barang dan aset ini adalah proses pencatatan pengadaan barang, penempatan, peminjaman, dan pengalihan. Jurusan yang terdapat pada SMKN 2 Pandeglang berjumlah 8 jurusan salah satunya adalah jurusan teknik komputer dan jaringan. Sistem yang digunakan untuk pencatatan barang inventaris di jurusan teknik komputer dan jaringan saat ini masih bersifat konvensional dimana proses pendataan masih manual menggunakan tulisan tangan melalui media kertas sehingga dinilai masih kurang efektif dan efisien. Pada penilitian ini bertujuan untuk melakukan inventarisasi alat kebutuhan lab seperti komputer, router, dan hub. Analisis sistem berjalan menggunakan PIECES dan analisis untuk perancangan desain web menggunakan metode waterfall. Hasil akhir dari penelitian ini berupa sistem informasi inventaris barang berbasis web yang menghasilkan fitur diantaranya fitur pencatatan barang, pencatatan barang masuk, keluar, pentatan peminjaman barang, pencatatan peminjaman barang, serta laporan. pada jurusan teknik komputer dan jaringan SMKN 2 Pandeglang.

Keywords


Inventarisasi; PIECES; Waterfall; Website;

References


Negara, Edi Surya, dkk. 2021. Sistem Informasi Manajemen Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Syaifullah, Yunan. 2019. Modul Pelatihan dan Pembelajaran Analisa Kebijakan Publik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sukirno, Sadono, dkk. 2017. Pengantar Bisnis. Jakarta: KENCANA.

Fajri, Ravi Rahmatul, dkk. 2020. Rancang Bangun Aplikasi Penentuan dan Share Promo Produk Kepada Pelanggan Dari Website ke Media Sosial Berbasis Desktop. Bandung: Kreatif Industri. Nusantara.

Muliansah, Rendi dan Cahyani Budihartanti. 2020. Analisa Pemanfaatna e-Puskesmas di Loket Pendaftaaran pada Puskesmas Kecamatan Pademangan denga Metode PIECES. journal of Computer Science an Engineering, 1(1), 20 - 21.

Oktafiani, S., Matondang, N. H., & Wirawan, R. (2022). Sistem Informasi Manajemen Inventory Barang Gudang Berbasis Website Pada Bariklie Collection. JOINS (Journal of Information System), 7(2), 178-189.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.