ANALISIS SENTIMEN PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGENAI KEBIJAKAN KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES

Bambang Tri Buwono, Nurhafifah Matondang

Abstract


Twitter adalah media sosial yang sering dimanfaatkan masyrakat untuk menyampaikan aspirasi, opini, atau keluhan mengenai kebijakan pemerintah dalam membuat suatu keputusan. Dalam penelitian ini dilakukan proses klasifikasi data tweet yang mengandung sentimen positif dan sentimen negatif mengenai kebijkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Metode yang digunakan untuk proses klasifikasi pada penelitian ini dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Data tweet diambil dengan menggunakan metode scraping. Data tweet akan diberikan label positif dan negatif untuk mempermudah data tersebut diproses. Tweet yang diambil adalah tweet yang menyertakan @KenaikanhargaBBM sebagai kata kunci. Saat data tweet sudah terkumpul data akan dibagi menjadi dua bagian yaitu, data latih 80% dan data uji 20%. Hasil evaluasi tersebut memiliki fungsi untuk menguji performa dari metode yang sudah dilakukan untuk mengklasifikasikan tweet kedalam kelas positif dan negatif menunjukkan nilai akurasi yang didapatkan sebesar 89%.

Keywords


Twitter; Kenaikan Harga Bahan Bakar; Klasifikasi; Naïve Bayes

References


B. R. Feldman, “Techniques and Applications for Sentimen Analysis,” Commun. Acm, vol. 58, no. 4, pp. 83–89, 2013.

Saputra, C. B., Muzakir, A., & Udariansyah, D. (2019). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap #2019gantipresiden Berdasarkan Opini Dari Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. In Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS) (Vol. 1, No. 2, pp. 403-413)

Sari, R. (2019). Analisis Sentimen Review Restoran menggunakan Algoritma Naive Bayes berbasis Particle Swarm Optimization. Jurnal Informatika, 6(1), 23-28.

Zakiyuddin, H. (2021). Penerapan Algoritma Cosine Similarity Dan Pembobotan TF-IDF Pada System Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bumigoram Mataram (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BUMIGORA)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.