Penerapan Cloud Load Balancing Dengan menggunakan HAProxy Dalam Meningkatkan Availability Server Pada Studi Kasus Learning Management System (LMS) Universitas XYZ

Ariansyah Arifin, Gito Putro Wardana, Syamsul Arifin, M Fadlan Ridho, Hamonangan Kinantan Prabu

Abstract


Saat ini dunia pendidikan berkembang sangat pesat, hal ini ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan. Ketika jumlah pengguna yang mengakses layanan Learning Management System di Universitas XYZ meningkat dari berbagai fakultas dan server tidak bisa menangani layanan beban koneksi tersebut atau server yang digunakan hanya satu serta mengalami down, tentu akan menjadi masalah. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengimplementasikan sistem arsitektur server berbasis cloud dengan metode load balancing HAproxy. Dalam penelitian ini memiliki tujuan yaitu akan dilakukan evaluasi antara penggunaan satu server lokal dan yang menggunakan server berbasis cloud dengan load balancing HAproxy dalam meningkatkan availability di Learning Management System Universitas XYZ dengan pengujian melakukan pengukuran terhadap tiga variabel yakni response time, request concurrent dan failover. Hasil pengujian menunjukkan implementasi server cloud clustering load balancing dengan HAproxy lebih baik dari segi response time, request concurrent, dan sistem failover dibanding dengan hasil dari server tunggal lokal.


Keywords


server Learning Management System Universitas XYZ; Beban Koneksi; availability; cloud load balancing; HAproxy; response time; request concurrent; sistem failover

References


Satria Harefa, H., Triyono, J., & Raharjo, S. (2021). IMPLEMENTASI LOAD BALANCING WEB SERVER UNTUK OPTIMALISASI KINERJA WEB SERVER DAN DATABASE SERVER. Jurnal JARKOM, 09(01), 10–20.

Ardhian, D., Fatchur Rochim, A., & Didik Widianto, E. (2013). Analisis Perbandingan Unjuk Kerja Sistem Penyeimbang Beban Web Server dengan HAProxy dan Pound Links. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 1(2), 28–33.

Salamah, I., Lindawati, M. Fadhli, & Kusumanto, R. (2020). EVALUASI PENGUKURAN WEBSITE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM POLSRI DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 . JURNAL DIGIT, 10(1), 1–10.

Sudiana, R. (2016). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS ONLINE. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). JPPM, 9(2), 201–209.

Rahmatulloh, A., & MSN, F. (2017). Implementasi Load Balancing Web Server menggunakan Haproxy dan Sinkronisasi File pada Sistem Informasi Akademik Universitas Siliwangi. JURNAL NASIONAL TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI , 03(02), 241–248.

Sumardi, S., & Asri Zaen, M. T. (2018). Perancangan Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik Router OS Pada SMAN 4 Praya. JIRE (Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), 1(1), 50–56.

Dadi Riskiono, S., & Pasha, D. (2020). Analisis Perbandingan Server Load Balancing dengan Haproxy & Nginx dalam Mendukung Kinerja Server E-Learning. Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, 10(2), 135–144.

Budi Noviyanto, A., Kumalasari N, E., & Hamzah, A. (2015). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI LOAD BALANCING REVERSE PROXY MENGGUNAKAN HAPROXY PADA APLIKASI WEB. Jurnal JARKOM, 3(2), 21–31.

Novianto, D., & Helmud, E. (2019). Implementasi Failover dengan Metode Recursive Gateway Berbasis Router Mikrotik Pada STMIK Atma Luhur Pangkalpinang. Jurnal Informatika Global, 10(1), 26–31.

Dwi Utomo, A., Rachmawati, Rr. Y., & Iswahyudi, C. (2017). ANALISIS DAN IMPLEMENTASI REVERSE PROXY SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI CLIENT SERVER MENGGUNAKAN APACHE (Studi Kasus Pada Lab. Jaringan Komputer IST AKPRIND YOGYAKARTA ). Jurnal JARKOM, 05(2), 109–118.

Evianti, N., Mulyana Wihandar, A., & Kurniawan, A. (2021). AUTOMATION PROVISIONING DEV-OPS WEBSITE SERVER MENGGUNAKAN ANSIBLE DAN VAGRANT. JUNIF: Jurnal Nasional Informatika, 2(2), 72–91.

Erl, T., Puttini, R., & Mahmood, Z. (2013). Cloud computing: concepts, technology, & architecture. Pearson Education.

Dadi Riskiono, S., & Darwis, D. (2020). Peran Load Balancing Dalam Meningkatkan Kinerja Web Server Di Lingkungan Cloud. KREA-TIF : JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, 8(2), 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.