KLASIFIKASI DAN ANALISIS SENTIMEN PADA DATA TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. (STUDI KASUS: PEKAN OLAHRGA NASIONAL XX 2021)

Krisna Jonathan Sitorus, Anita Muliawati, Sarika Sarika

Abstract


Banyak sekali pengguna Twitter mencurahkan pendapatkan melalui tweet-tweet yang mereka kirimkan pada media sosial tersebut, khususnya mengenai Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021. Banyak sekali tweet yang bersifat mendukung, tetapi tidak jarang juga ada tweet yang bersifat keluhan mengenai penyelenggaraan PON XX tersebut. Dari masalah tersebut, dilaksanakanlah penelitian mengenai analisis sentimen pada data twitter yang berkaitan dengan PON XX dan mempergunakan metode Naïve Bayes. Jumlah data yang digunakan sebanyak 218 data tweet dan belum terlabelkan. Lalu data dilakukan pemberian label dan masuk tahapan text processing, selanjutnya data diberi bobot pada tiap kata dengan Term Frequency– Inverse Document Frequency (TF-IDF) yang akan kedepannya kata tersebut akan dijadikan sebagai fitur. Karenak ketidakseimbangan data, digunakanlah metode Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE) guna melaksanakan penyeimbangan terhadap datanya. Tahapan selanjutnya dilaksanakan pembagian data yang besarannya yakni 80% 20% dan diklasifikasikan dengan metode Naive Bayes. Hasil yang diperolehkan dari pelaksanaan penelitiannya tersebut ialah diperoleh bahwa data uji memperolehkan accuracy yang besaran persentasenya yakni 99%, precision dengan besaran persentasenya 100%, recall dengan besaran persentasenya 98%.

Keywords


Analisis Sentimen, Klasifikasi, Twitter, Naïve Bayes, Pekan Olahraga Nasional XX 2021

References


F. Adams, L. Ernawati, and N. Chamidah, “Analisis Sentimen Vaksin COVID-19 pada Twitter Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” Semin. Nas. Mhs. Ilmu Komput. dan Apl., pp. 221–231, 2021.

N. Herlinawati, Y. Yuliani, S. Faizah, W. Gata, and Samudi, “ANALISIS SENTIMEN ZOOM CLOUD MEETINGS DI PLAY STORE MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES DAN SUPPORT VECTOR MACHINE,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., pp. 293–298, 2020.

F. F. Irfani, “ANALISIS SENTIMEN REVIEW APLIKASI RUANGGURU MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE,” JBMI (Jurnal Bisnis Manaj. dan Inform., pp. 258–266, 2020.

D. Y. Praptiwi, “ANALISIS SENTIMEN ONLINE REVIEW PENGGUNA E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE DAN MAXIMUM ENTROPY,” J. Univ. Islam Indones., 2018.

L. B. I. M. A. Mudeb, “Perbandingan Metode Klasifikasi Support Vector Machine dan Naïve Bayes untuk Analisis Sentimen pada Ulasan Tekstual di Google Play Store,” Ilk. J. Ilm., pp. 154–161, 2020.

Fatayat and R. A. Nugroho, “ANALISA PENENTUAN DOSEN PEMBIMBING TUGAS AKHIR MAHASISWA MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER,” J. SIMTIKA, vol. 4, pp. 1–7, 2021.

W. Satriaji and R. Kusumaningrum, “Effect of Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE), Feature Representation, and Classification Algorithm on Imbalanced Sentiment Analysis,” Int. Conf. Informatics Comput. Sci., vol. 2, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.