PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING KINERJA SALES BERBASIS WEB MENGGUNAKAN KONSEP GAMIFICATION (STUDI KASUS SALES TEAM UNIT BGES PT TELKOM BEKASI)

Lulu Zaujatun Sholekhah, Tri Rahayu

Abstract


Perkembangan teknologi berkembang saling beriringan dalam melakukan penyelesaian permasalahan berbagai aspek kehidupan. Pemanfaatan teknologi dalam melaksanakan pemantauan sales Unit BGES Telkom Bekasi yang bergerak dalam bidang marketing masih belum menerapkan sistem yang terotomatisasi sehingga terdapat keterlambatan proses interaksi dan pengiriman data atau informasi melalui aplikasi Telegram dan Google Sheet. Dengan menggunakan sistem informasi monitoring kinerja sales ini, aktivitas pemantauan kinerja sales akan lebih maksimal dalam mengakses data dan informasi yang real time. Perancangan sistem monitoring kinerja sales ini menggunakan konsep gamifikasi atau desain pola permainan dengan memakai elemen point dan leaderboard yang akan meningkatkan ketertarikan pengguna dalam menciptakan etos kerja yang terstruktur. Metode perancangan sistem informasi pada penelitian ini yaitu memakai metode PIECES dalam analisis sistem, dan metode Waterfall dalam pengembangan sistem, lalu implementasi sistem menggunakan Framework CodeIgniter 4, serta menggunakan pemodelan sistem dengan Unified Modelling Language (UML). Hasil dari penelitian ini yaitu terciptanya sistem informasi monitoring kinerja sales dengan fitur penilaian kinerja sales yang terkini berupa peringkat leaderboard, pengelolaan data customer, pengelolaan status order customer, serta pengelolaan data sales force. Dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas kinerja para sales untuk mencapai target penjualan perusahaan.


Keywords


Pemantauan, Kinerja Sales, Gamifikasi, Sistem Informasi, CodeIgniter.

References


Owen, P. (2017). How gamification can help your business engage in sustainability. Routledge.

Muhtadibillah, A. (2019). Perancangan sistem informasi helpdesk dengan konsep gamification berbasis web (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Herliana, Asti, dan Prima Muhamad Rasyid. (2016). Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software pada Tahap Development Berbasis Web. Jurnal Informatika, 3(1), 41-50.

Nurmatin, A. (2021). TA: Penerapan Konsep Gamification pada Pembuatan Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Pelindo Daya Sejahtera Berbasis Website (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Purma Pratama, R., Oka Saputra, K., & Care Khrisne, D. (2019). PENERAPAN GAMIFICATION PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUANG BACA. Jurnal SPEKTRUM, 6(3), 148-153. doi:10.24843/SPEKTRUM.2019.v06.i03.p21

Deterding, S. (2019). Gamification in management: Between choice architecture and humanistic design. Journal of Management Inquiry, 28(2), 131-136.

Kusyadi, Irpan. (2018). Penerapan Metode Waterfall Untuk Sistem Informasi BCF 1.5.

Sugiarti, Yuni. (2018). Dasar-Dasar Pemrograman Java Netbeans: Database UML dan Interface. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supono, dan Virdiandry Putratama (2018). Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework CodeIgniter. Yogyakarta: Deepublish.

Wetherbe, James. (2012). Systems Analysis and Design. Traditional, Best Practices 4th Ed.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.