Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Katering Berbasis Web Pada Warteg Mita Jaya

Camelia Evionita Zen, Tri Rahayu

Abstract


Warteg Mita Jaya merupakan rumah makan khas Tegal yang memberikan pelayanan jasa di bidang makanan, salah satunya adalah katering. Saat ini proses pemesanan katering di Warteg Mita Jaya masih dilakukan secara manual, pelanggan harus datang langsung ke tempat untuk melakukan transaksi pemesanan. Hal ini menyebabkan kegiatan pemesanan tidak berjalan secara efektif dan efisien. Perancangan sistem informasi pemesanan katering berbasis web digunakan untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi tanpa harus datang langsung ke tempat katering berada. Metode pengembangan sistem yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode waterfall. Metode waterfall adalah metode yang dilakukan secara berurutan. Pada sistem pemesanan penulis menggunakan diagram UML dan  dan MYSQL dalam mengolah data dan sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrogaman HTML dan PHP, MySQL sebagai server basis data. Hasil penelitian ini adalah sistem  informasi  pemesanaan katering yang sudah terkomputerisasi  serta sistem dapat menampung data penjualan. Setelah penelitian sistem pemesanan ini selesai dikembangkan penulis berharap dapat mempermudah pihak katering untuk mengelola data penjualan dan mempermudah konsumen untuk melakukan transaksi pemesanan katering.

Keywords


Pemesanan, Web, Katering, Waterfall

References


Hutahean, Japerson. 2016. Konsep Sistem Informasi.Yogyakarta : Deepublish.

Wulandari, Agustina. 2017. Resep Kaya Raya dengan Bisnis Katering. Yogyakarta : Laksana.

Abdullah, Rohi. 2018. 7 In 1 Pemorograman Web Untuk Pemula. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Ambarita, Arisandy. 2020. Analisys Dan Pengembangan Sistem Informasi Pendekatan Model Driven. Yogyakarta: Gosyen.class.

Andriani, Anik. Dewi Ayu Nur Wulandari and Hilda Amalia. 2020. SQL_MySQL. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Hidayatullah, Rizki. 2020. Pemrograman Web Seri PHP. Langkah Mudah dan Praktik Memahami Seluk Beluk Web Design Untuk Pemula. Yogyakarta : START UP.

Amin, N. R, Fandhilah, Fina R. F, & Warjiyono. 2021. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi; Studi Kasus Aplikasi Layanan Publik. Yogayakarta : Teknosain.

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika: Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.