PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TOTE BAG BERBAHAN DENIM BERBASIS WEBSITE PADA TOKO GRIF OFFICIAL STORE

Ikbal Marwan Maulana, Tri Rahayu

Abstract


Sistem informasi penjualan salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan juga menambah kualitas pelayanan dalam kegiatan jual beli melalui internet untuk kualitas informasi yang lebih baik dan lebih rinci mengenai produk. Banyak usaha penjualan terutama produk pakaian dan aksesoris menggunakan sistem informasi penjualan berbasis Website untuk mempermudah proses penjualan. Grif Official Store menjual totebag berbahan denim dengan berbagai macam pilihan model yang dapat di sesuaikan dengan keinginan pelanggan, Walaupun sudah menerapkan sistem penjualan dengan online namun belum memiliki sistem yang memadai sehingga masih kurangnya kualitas layanan yang di berikan kepada customer. Peracangan ini bertujuan untuk memudahkan Grif Official Store dalam memanajemen proses transaksi, melakukan pendataan  produk, pendapatan penjualan dan efisiensi. Perancangan penelitian ini menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle) dengan strategi waterfall dan menggunakan bahasa pemrograman PHP, CSS dan Javascript serta menggunakan MySql sebagai database. Dengan perancangan sistem informasi penjualan ini diharapkan akan meningkatkan kepercayan customer dan memudahkan Grif Official Store dalam melakukan proses penjualan yang lebih efektif seperti memberikan informasi lebih terkait deskripsi produk, memilih sesuai kategori produk, terdapat fitur live chat yang memudahkan interkasi antara pembeli dengan penjual, menggunakan berbagai metode pembayaran dan memudahkan admin dalam proses pendataan laporan transaksi.

Keywords


Website, Sistem Infomasi Penjualan, Waterfall

Full Text:

PDF

References


A. S., Rosa Dan Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Abdullah, Rohi.2016. Easy & Simple Web Programming Jakarta: Pt. Elex Media Komputindo.

Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hidayat, T., & Muttaqin, M. (2018). Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. Jurnal Teknik Informatika UNIS Vol. 6 No.1.

Indrawati, dkk. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(2), 118 – 128.

Kusbianto, D., Hamdana, E. N., & Fahreza, D. D. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Prioritas Calon Penerima Program Indonesia Pintar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Informatika Polinema, Vol.4, Edisi 2.

Listianto, F., Fauzi, Irviani, R., & Kasmi. (2017). Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Industri Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model) Volume 8, No2.

Loveri, T. (2018). Sistem Informasi Aplikasi Pengelolaan Transaksi Keuangan Dan Pendataan Konsumen Pada CV. Pulpas. Jurnal Sains Dan Informatika Research of Science and Informatic V4.I2 (138-149).

Mileva, L., & DH, A. F. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keptusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 58.

Nordeen, A. (2020). Learn UML in 24 Hours. England: Guru99.

Rerung, Rintho Rante. 2018. Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: Budi Utama.

Rumpe, B. (2017). Agile Modeling with UML. Germany: Springer.

Rusli, A. S. (2019). Pemrograman Website dengan PHP-MySQL untuk Pemula. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmad Cendekia Indonesia.

Santosa, A. D., Bintari, V. I., & Hamzah, R. A. (2019). Peran kepercayaan dan Brand Image dalam pengambilan Keputusan Pembelian Secara sh di Instagram. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol.5.

Septiana, A. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Baju Online Pada Alit Shop Berbasis Web. SKRIPSI.

Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, Vol.03, No.1.

Sujana, C., & Darmansyah. (2018). Analisa Dan Perancangan Sistem Penjualan Barang Berbasis Web Pada PT. Asia Tiara. Jurnal Interkom Vol. 12 No. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.