Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Status Pegawai Di Hotel XYZ Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus: Departemen Housekeeping)

Hersa Magdalena De Win, Ati Zaidiah

Abstract


Pegawai adalah angkatan kerja yang melakukan pekerjaan di perusahaan untuk mendapat gaji, yang tiap pegawai memiliki sistem kontrak kerja. Kinerja pegawai sangat berpengaruh terhadap kualitas perusahaan. Hotel XYZ sebagai layanan jasa perhotelan bintang empat harus memenuhi ketentuan, yaitu kebersihan. Departemen Housekeeping berperan penting atas kebersihan dan memberi kesan nyaman dan estetik bagi pengunjung yang berdatangan. Untuk meningkatkan kualitas dalam hal kebersihan, maka penilaian untuk pegawai Housekeeping sangat berperan penting. Hotel XYZ belum memiliki sistem untuk menentukan status pegawai Housekeeping, dan dalam pelaksanaan masih menggunakan cara manual dalam input data – proses penghitungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah profile matching, yang berfokus pada pembobotan GAP. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pengambilan keputusan dengan hasil yang matematis dan akurat.

Keywords


Pegawai, Hotel XYZ, Departemen Housekeeping, Profile Matching.

References


Mahmudan, A. (2022) Partisipasi Kerja di Indonesia Sebesar 69,06% pada Februari 2022. https://dataindonesia.id/. diakses: 17 Juni 2022.

Rai, S. (2020). Hotel Housekeeping Operations. Orangebooks Publication.

Simangunsong, P., Sinaga, S. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi. Yayasan Kita Menulis.

Sukamto, R., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sari, F. (2017). Metode dalam Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.