Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan PT Asyimar Putra Mandiri Berbasis Website

Nuraini Azizi Rachim, Anisah Dzakiyyah, Naura Fazhendi, Siti Khofifah Munjiyanti, Erly Krisnanik

Abstract


Pemanfaatan teknologi akan sangat membantu memaksimalkan efektivitas dan efisiensi dari sebuah bisnis yang dijalankan perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi, perusahaan dapat mengurangi pengeluaran dan memperoleh keuntungan secara maksimal. Pada jurnal ini akan dijelaskan analisis dan perancangan sistem informasi penjualan PT Asyimar Putra Mandiri sebagai salah satu distributor bahan tekstil setengah jadi dari supplier kepada customer atau pun perusahaan lain yang membutuhkan (demand). Analisis dan perancangan sistem informasi berbasis website ini dirancang menggunakan metodologi Data Oriented Methodologies dan metode analisis dan perancangan sistem informasi secara terstruktur yang ditinjau berdasarkan Data Flow Diagram (DFD), Rancangan Dokumen Sistem, Rancangan Database yang terdiri dari Entity Relationship Diagram (ERD) dan Rancangan Tabel, dan Rancangan Desain Mock-up Website. Tujuan dirancangnya sistem informasi berbasis website ini yaitu untuk memberikan kemudahan bagi PT Asyimar Putra Mandiri dalam memaksimalkan dan mempermudah kegiatan bisnis, dapat mengintegrasikan keseluruhan proses bisnis, mengurangi biaya operasional, dan memaksimalkan keuntungan.


Keywords


Data Flow Diagram (DFD); Entity Relationship Diagram (ERD); Rancangan Tabel Database; Rancangan Dokumen Sistem

References


Roni, H., Masruro, D. A., dan Khonsa, N. H. (2020). Aplikasi Inventory Barang Menggunakan QR Code. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Prehanto, D. R. (2020). Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Hidayat, F. (2019). Konsep Dasar Sistem Informasi Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish.

Arif, M. F. (2019). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Surabayara: Qiara Media.

Muslihudin, Muhamad, dan Oktafianto (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: ANDI.

Al Fatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: ANDI.

Romando, S. Y. dan Novichasari, S. I. (2021). Buku Ajar Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Fatansyah (2018). Buku Basis Data Revisi Ketiga. Bandung: Informatika Bandung.

Sri, M. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: ABDI SISTEMATIKA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.