Audit Menggunakan COBIT 5.0 Domain DSS Dan MEA pada Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) UPN Veteran Jakarta

Hardiana Said, Adinda Amalia, Azzah Hanifah, Ester Manda Caroline, Sarika Afrizal

Abstract


. Kegunaan perangkat lunak sangat berperan penting untuk membantu manusia dalam memperoleh suatu informasi, terutama pada dunia pendidikan yang memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi sehingga memajukan universitas. Teknologi yang ada sangatlah dibutuhkan proses pengembangan sistem sehingga sistem dapat digunakan dengan baik. Penelitian ini membantu mengetahui kinerja sistem informasi akademik sebagai website yang digunakan mahasiswa dan dosen UPN Veteran Jakarta. Framework yang digunakan yaitu COBIT 5.0 dengan domain DSS dan MEA. Data yang akan dianalisis dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner ke mahasiswa yang menggunakan sistem informasi akademik. Analisis data yang dilakukan antara lain pembuatan kuesioner, penentuan framework dan domain, pemetaan tingkat kapabilitas, dan analisis gap. Hasil dari penelitian ini menghasilkan tingkat kapabilitas implementasi sistem informasi akademik UPN Veteran Jakarta khusus pada domain DSS dan MEA, yaitu berada pada level 2. Analisis gap yang diperoleh antara kondisi saat ini dengan  kondisi yang diharapkan sebesar 1,33.


Keywords


audit, siakad, cobit 5.0

References


Gunawan, Rahmat dan Djajasukma Tjahjadi. 2018. “Audit Sistem Informasi Akademik Berbasis WEB menggunakan Framework Cobit 5.0 Pada Domain APO13 dan DSS05 (Studi Kasus: SIAT STMIK ROSMA KARAWANG)”. Jurnal Interkom, Vol. 13, No. 3. STMIK LIKMI, Bandung.

Witjaksono, R. Wahjoe. 2019. “Audit Sistem Informasi Akademik Universitas Telkom menggunakan Framework COBIT 5 Domain DSS untuk Optimasi Proses Service Delivery”. Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri, Vol. 6, No. 1. Universitas Telkom.

Agung, Halim dan Johanes Fernandes Andry. 2018. “Audit Sistem Informasi Akademik Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 Pada Domain EDM di Universitas XYZ”. Journal of Business and Audit Information Systems, Vol. 1, No. 1. Universitas Bunda Mulia.

Kurniawan, Deny Firmansyah. 2019 “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Sistem Akademik Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: AMIK Master Lampung)”. Jurnal Cendikia Vol. XVII. AMIK Master Lampung.

Rahayu, Tri, Nurhafifah Matondang, dan Bayu Hananto. 2020. “Audit Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode COBIT 5 (Studi Kasus UPN Veteran Jakarta”. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, volume 13, no. 1. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Putri, Rahmi Eka. 2016. “Penilaian Kapabilitas Proses Tata Kelola TI Berdasarkan Proses DSS01 Pada Framework COBIT 5”. Jurnal CoreIT, vol.2, no.1. Universitas Andalas.

CSA Group. 2003 “Software Engineering Process Assessment Part 2: Performing an assessment”. ISO/IEC 15504-2, First Edition.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.