Penerapan Transformasi Ruang Warna Hue Saturation Intensity (HSI) untuk Mendeteksi Kematangan Buah Tomat

Arvi Arkadia, Abitdavy Athallah Muhammad, Sheva NaufalRifqi, Trianto Trianto, Desta Sandya Prasvita

Abstract


Proses penentuan kematangan buah tomat dengan indera manusia masih terbilang sulit dan memakan waktu terutama untuk industri yang memproduksi tomat dalam jumlah besar. Penelitian ini mengusulkan sebuah solusi menggunakan pengolahan citra digital yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat kematangan buah tomat dengan mentransformasi citra kedalam ruang warna HSI (hue, saturation, intensity). Model ruang warna HSI bekerja dengan cara memisah bagian intensitas warna yang dibawa (hue dan saturation) dalam warna citra. Pengujian dilakukan dengan menggunakan data sampel yang dipilih secara manual sebanyak 150 buah, terdiri dari 120 citra sampel latih dan 30 citra sampel uji yang dibagi merata untuk buah tomat matang, tomat setengah matang, dan tomat mentah mendapatkan hasil akurasi kesesuaian sebesar 83.33% dengan metode HSI.


Keywords


Pengolahan Citra, Tomat, HIS, Deteksi Kematangan

References


Edha, Hendryanto dkk. 2020. “Penerapan Metode Transformasi Ruang Warna Hue Saturation Intensity (HSI) untuk Mendeteksi Kematangan Buah Mangga Harum Manis” dalam Jurnal Komputer dan Aplikasi Volume 8 (hlm. 1-10). Tanjung Pura.

Indarto dan Murinto. 2017. “Deteksi Kematangan Buah Pisang Berdasarkan Fitur Warna Citra Kulit Pisang Menggunakan Metode Transformasi Ruang Warna HSI”. Yogyakarta.

Lustini, Apriyanti dkk. 2019. “Klasifikasi Tingkat Kematangan Buah Nanas Menggunakan Ruang Warna Red – Green – Blue dan Hue - Saturation – Intensity”. Pelembang.

Rahmadewi, Reni dkk. 2019. “Pendeteksian Kematangan Buah Jeruk Dengan Fitur Citra Kulit Buah Menggunakan Transformasi Ruang Warna HSV”. Karawang.

Febryanto. 2020. “Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat dengan Pemberian Pupuk Plant Catalyst 2006 dan Pemangkasan Tunas Air”. Pekan Baru.

Aprilisa, Shinta dan Sukemi. 2019. “Klasifikasi Tingkat Kematangan Buah Tomat Berdasarkan Fitur Warna Menggunakan K-Nearest Neighbor”. Palembang.

Wandi, Dede dan Fauziah Nur Hayati. 2021. “Deteksi Kelayuan Pada Bungan Mawar dengan Metode Transformasi Ruang Warna Hue Saturation Intensity (HSI) dan Hue Saturation Value (HSV)”. Jakarta.

Sakir dkk. 2020. “Penerapan Metode Transformasi Ruang Warna HSI untuk Mendeteksi Tingkat Kematangan Buah Pisang Berdasarkan Fitur Warna Citra Kulit Pisang”. Sulawesi Tenggara.

Muhammad Arief. “Klasifikasi Kematangan Buah Jeruk Berdasarkan Fitur Warna Menggunakan Metode SVM”. Sidoarjo.

Bangun, Perkasa dkk. “Pengolahan Citra Untuk Identifikasi Kematangan Buah Jeruk Dengan Menggunakan Metode Backpropagation Berdasarkan Nilai HSV”. Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.