Perancangan UI dan UX Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Web (Studi Kasus: SDN Pekayon Jaya VI Bekasi)

Ayura Safa Chintami, Ria Astriratma

Abstract


Proses pengelolaan nilai hasil belajar siswa di SDN Pekayon Jaya VI Bekasi memerlukan suatu sistem yang efektif dan efisien sebagai wadahnya. Wadah dalam bentuk web dari sistem informasi ini bertujuan untuk mengelola serta menyajikan informasi terkait penilaian hasil belajar siswa. Dalam mendukung kinerja sistem usulan, diperlukan rancangan user interface (UI) dan user experience (UX) yang baik agar dapat memudahkan user admin, wali kelas, dan guru bidang studi dalam mengelola data terkait hasil belajar siswa serta wali siswa dalam penyajian informasi. Perancangan user interface (UI) web ini memperhatikan berbagai aspek penelitian. Aspek penelitian tersebut diantaranya ialah Clarity, Concision, Familiarity, Responsiveness, Consistency, Aesthetics, Efficiency, dan Forgiveness. Sedangkan perancangan user experience (UX) pada tampilan desain sistem menerapkan metode evaluasi heuristik yang berfokus pada identifikasi masalah antara campuran prinsip pribadi dan ilmu tentang penggunaan. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan UI dan UX sistem usulan berbasis web yang user friendly.


Keywords


UI, UX, Website, Hasil Belajar Siswa, Heuristik

References


M. Novita, “Sarana Prasarana yang Baik menjadi bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan, Sekolah Tinggi Agama Islam,” Nur El-Islam, vol. 4, no. 2, pp. 97–129, 2017.

D. Dharmayanti, A. M. Bachtiar, and A. P. Wibawa, “Analysis of User Interface and User Experience on Comrades Application,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 407, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/407/1/012127.

J. A. O. George M. Marakas, Pengantar Sistem Informasi Edisi 16 Buku 2, 16th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2017.

E. Sova and D. A. Rahayu, “Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Pendaftaran Peserta Pelatihan Kursus Sertifikasi Internasional Secara Daring Di Universitas Gunadarma,” J. Ilm. Inform. Komput., vol. 24, no. 1, pp. 76–87, 2019, doi: 10.35760/ik.2019.v24i1.1991.

Elgamar, BUKU AJAR KONSEP DASAR PEMROGRAMAN WEBSITE DENGAN PHP, 1st ed. Malang: CV. Multimedia Edukasi, 2020.

W. E. B. Di, C. V Kartika, and K. Bersama, “SISTEM INFORMASI INVENTORY SPAREPART MESIN PRODUKSI BERBASIS WEB DI CV. KARTIKA KARYA BERSAMA, BEKASI Dwipa Handayani 1 , Hendarman Lubis 2 1.”

R. E. Roth, “User Interface and User Experience (UI/UX) Design,” Geogr. Inf. Sci. Technol. Body Knowl. (2nd Quart. 2017 Ed., 2017, [Online]. Available: 10.22224/gistbok/2017.2.5.

W. Wandah and N. Rahina, “Desain Antarmuka (User Interface) Pada Game Edukasi,” J. Imajin., vol. XII, no. 2, pp. 57–64, 2018, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/17472.

F. S. Nugraha, F. H. Purwanto, . M., M. Huda, M. Munir, and R. T. Puji, “Perancangan Antarmuka Sistem Pakar Penyakit Padi Berbasis Web,” Sisfotenika, vol. 7, no. 2, p. 143, 2017, doi: 10.30700/jst.v7i2.154.

D. A. P. A. Widhiani, I. K. R. Arthana, and I. M. A. Pradnyana, “Analisa User Experience Pada Sistem Informasi Akademik Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau dari Pengguna Mahasiswa,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 1, 2018, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i1.13048.

L. Luther, V. Tiberius, and A. Brem, “User experience (UX) in business, management, and psychology: A bibliometric mapping of the current state of research,” Multimodal Technol. Interact., vol. 4, no. 2, 2020, doi: 10.3390/mti4020018.

J. F. Wawolumaja, “Jurnal Pengaruh User Experience (Ux) Design Terhadap Kemudahan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Carsworld,” J. Acta Diurna, vol. 17, no. 1, pp. 53–71, 2021, doi: 10.20884/1.actadiurna.2021.17.1.3813.

I. Rochmawati, “Analisis User Interface Situs Web iwearup.com,” Visualita, vol. 7, no. 2, p. 14, 2019, [Online]. Available: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/visualita/article/download/1459/1006.

Husni, S.Pd.

Khaidir Rozi, S.Pd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.