Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Klasifikasi Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Pegawai

Alleyda Irzky Shafarindu, Iin Ernawati, S.Kom., M.Si, Ati Zaidiah, S.Kom., MTI.

Abstract


Dalam melakukan suatu aktivitas, dibutuhkan kebugaran jasmani agar aktivitas dapat dilakukan secara optimal dan efisien. Kebugaran jasmani memiliki peranan penting yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Dalam rangka hari kesehatan nasional, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan pengukuran kebugaran jasmani untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani para pegawai, pengukuran dilakukan dengan Tes Rockport atau Tes Jalan 6 menit bagi pegawai yang memiliki penyakit yang berisiko tinggi. Pada penelitian ini, akan dilakukan klasifikasi tingkat kebugaran jasmani berdasarkan hasil pengukuran kebugaran jasmani pada pegawai. Klasifikasi dilakukan menggunakan algoritma Naive Bayes. Algoritma Naive Bayes merupakan salah satu algoritma yang dapat digunakan dalam metode klasifikasi. Pada penelitian ini dilakukan pembagian data dengan menerapkan K-fold cross validation dengan nilai k = 4. Dari penelitian ini dihasilkan nilai akurasi sebesar 94%, nilai presisi sebesar 92%, nilai recall sebesar 94%, dan nilai F1-Score sebesar 93%.


Keywords


pengukuran Kebugaran jasmani; klasifikasi; naive bayes

References


Kementerian Kesehatan RI. (2017). Petunjuk Teknik Pengukuran Kebugaran Jasmani Terintegrasi Bagi Aparatur Sipil Negara Kementrian Kesehatan.

Adi, S., Supriyadi, & Masgumelar, N. K. (2020). Model-Model Exercise Dan Aktivitas Fisik Untuk Kebugaran Jasmani Anak SD. Wineka Media.

Suyanto. (2017). Data Mining Untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data. Penerbit Informatika.

Prasetyowati, E. (2017). DATA MINING Pengelompokan Data untuk Informasi dan Evaluasi. Duta Media Publishing.

Vulandari, R. T. (2017). Data Mining Teori dan Aplikasi RapidMiner. Penerbit Gava Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.