Sistem Pendukung Keputusan Penghapusan Aset Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Web Pada PT. Andaru Arti Agung

Ati Zaidiah, Ika Nurlaili Isnainiyah, Tesa Lonika Siahaan

Abstract


PT. Andaru Arti Agung merupakan perusahaan yang berkecimpung di bidang ekspor impor daging segar. Proses bisnis yang terdapat disini antara lain terdapat proses pengelolaan pajak, perencanaan sumber daya perusahaan atau kerap diistilahkan sebagai ERP dan proses pengelolaan aset. Dari beberapa proses tersebut terdapat beberapa kesulitan pada proses pengelolaan aset yaitu pada proses pengajuan pembelian aset, perhitungan nilai aset, perhitungan umur ekonomis aset dan proses penghapusan aset, hal ini disebabkan karena kurangnya manajemen pengelolaan aset yang baik. Permasalahan pada Perusahaan ini adalah bagaimana aset yang dimiliki dapat diketahui jenis, banyak, umur ekonomis, nilai aset dan bagaimana menghitung modal atau kapital aset. Metode yang digunakan adalah metode straight line untuk membantu mengelola aset pada proses penyusutan dan metode Simple additive weighting untuk penghapusan. Hasil dari penelitian ini PT. Andaru Arti Agung dapat memiliki data aset valid, dapat diketahui jumlah pastinya dan dapat diperhitungkan jumlah modal perusahaan dari bentuk aset.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Penghapusan Aset; Metode Simple Additive Weighting

References


Sanjaya, S. (2019). Analisis Profitabilitas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Taspen (Persero) Medan. KITABAH: Volume 2.

Kusnendi. (2020). Konsep Dasar Sistem Informasi.

Noviyanti, T. (2019). Sistem Penunjang Keputusan Dalam Penerimaan Beasiswa Ppa Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus: Universitas Gunadarma). Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 24(1), 35–45. https://doi.org/10.35760/tr.2019.v24i1.1932

Somantri, D. (2020). Bab 2 tinjauan pustaka 2.1. Unikom

Suparman. (2014). Kajian Atas Perbandingan Penyusutan Aktiva Tetap Menurut Akuntansi ( Komersial) dan Menurut Ketentuan Peraturan Perundang – Undang Perpajakan. Akuntansi/Volume XVIII, XVIII(02), 268–285.

Putra, A. S., Aryanti, D. R., & Hartati, I. (2018). Metode SAW ( Simple Additive Weighting ) sebagai Sistem Pendukung Keputusan Guru Berprestasi ( Studi Kasus : SMK Global Surya ).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.