Pengembangan Aplikasi Event Management System Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum (Studi Kasus Organisasi Mahasiswa UPN Veteran Jakarta)

Eka Dewi Sisri Listianti, Ati Zaidiah, Ika Nurlaili Isnainiyah

Abstract


UPN Veteran Jakarta sebagai institusi pendidikan tinggi merupakan lembaga yang memiliki beragam kegiatan, baik itu kegiatan akademik, maupun nonakademik. Salah satu komponen pendukung dalam meningkatkan kualitas aktivitas tersebut adalah organisasi mahasiswa melalui kegiatan-kegiatannya. Dari survei yang dilakukan kepada mahasiswa, diketahui bahwa sistem informasi kegiatan yang berjalan saat ini dirasa masih kurang efektif karena memiliki beberapa keterbatasan, salah satunya belum fleksibelnya platform website yang digunakan. Oleh karena itu, melalui penelitian ini, peneliti ingin merancang dan membangun aplikasi event management system berbasis android untuk membantu proses publikasi dan pendaftaran partisipan pada kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa di UPN Veteran Jakarta, sehingga dapat meningkatkan performa penyelenggaraan kegiatan di UPN Veteran Jakarta. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode Agile dengan mengadopsi Kerangka Kerja Scrum. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi mobile berbasis android yang digunakan untuk mengelola kegiatan di UPN Veteran Jakarta.

Keywords


Publikasi Kegiatan;Android;Agile

References


Aswati, S. et al. (2015) ‘Peranan Sistem Informasi dalam Perguruan Tinggi’, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 1(2), pp. 79-86.

Chandra, Y. I. (2016) ‘Perancangan Aplikasi Resep Makanan Tradisional Indonesia Menggunakan Pendekatan Agile Process dengan Model Extreme Programming Berbasis Android’, Seminar Nasional APTIKOM, pp. 28–29.

Cholifah, W. N., Yulianingsih and Sagita, S. M. (2018) ‘Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android’, Jurnal String, 3(2), pp. 206–210.

Makiolor, A., Sinsuw, A. and Najoan, X. (2017) ‘Rancang Bangun Pencarian Rumah Sakit, Puskesmas, dan Dokter Praktek Terdekat di Wilayah Manado Berbasis Android’, E-Journal Teknik Informatika, 10(1).

Miles, R. and Hamilton, K. (2006) Learning UML 2.0. O’Reilly.

Moroney, L. (2017) ‘The Definitive Guide to Firebase: Build Android Apps on Google’s Mobile Platform’. Washington: Apress.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F. and Rahmadi, H. (2015) ‘Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN)’, JITTER, I(3), pp. 31–36.

Prasojo, L. D. (2013) Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Pratama, M. A., Kharisma, A. P. and Brata, A. H. (2019) ‘Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(3), pp. 2761–2767.

Siyoto, S. and Sodik, A. (2015) Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.