ANALISIS PENGUKURAN USABILITY MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE PADA APLIKASI SHOPEE INDONESIA

Erina Oktariana Nurazizah, Ermatita Ermatita, Ria Astriratma

Abstract


Shopee adalah aplikasi berbasis seluler (mobile) yang dapat digunakan pengguna untuk melakukan belanja dan transaksi secara online. Tentunya seiring dengan perkembangan aplikasi Shopee, banyak pengguna yang juga mengeluhkan mengenai kekurangan dari fitur aplikasi Shopee yang menurut pengguna belum maksimal. Untuk memastikan kepuasan pengguna tersebut, maka penulis melakukan penelitian terhadap perhitungan usability pada aplikasi Shopee. Dalam penelitian ini penulis memutuskan untuk menggunakan metode USE Questionnaire dengan menggunakan sebuah kuesioner yang terdiri dari 30 pernyataan yang telah mewakili 4 parameter USE Questionnaire, yaitu Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning dan User Satisfaction. Dengan ini, penulis berharap aplikasi Shopee Indonesia dapat meningkatkan kualitas aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna berdasarkan analisis yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pengaruh variabel USE Questionnaire pada kegunaan aplikasi Shopee Indonesia yaitu sebesar 61,6%.


Keywords


Usability; USE Questionnaire; User Satisfaction; Shopee

References


Fauzi, N., Az-Zahra, H.M dan Kharisma, A.P. 2019. “Analisis Usability Aplikasi Perangkat Bergerak Jual Beli Online dengan Model People At The Center of Mobile Application Development (PACMAD) (Studi Kasus: Tokopedia, Bukalapak dan Shopee)”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol. 3(3), 2742-2557.

Presman, R. S., 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7. Yogyakarta: Andi.

Hadit, K.R., Az-Zahra, H.M. dan Fanani, L. 2018.” Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Kai Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol. 2(9), 2742-2750.

Machmud, R. 2018. Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Kasus Pada T3-Online). Gorontalo: Ideas Publishing.

Roscoe. 1982. Research Methods For Business. New York: Mc Graw Hill.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian, Pendidikan, Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.