Keamanan Data Absensi Berbasis Android Dengan Menggunakan Algoritma RSA Pada PT. Arkonin

farhana nabila, henki bayu seta, noor falih

Abstract


Kehadiran merupakan penilaian kinerja yang penting. Untuk mendorong bantuan proyek lapangan, diperlukan bantuan yang dapat mendukung pendataan proyek lapangan. Saat ini sudah ada sistem absensi fingerprint, namun ada beberapa kendala absensi yaitu karyawan yang mengerjakan proyek di lapangan harus mengirimkan data absensi ke perusahaan melalui email. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melindungi proses pengiriman data absensi karyawan di proyek lapangan ke perusahaan dengan menggunakan teknologi absensi fingerprint di android menggunakan metode algoritma RSA. Dalam penelitian ini pengamanan data absensi adalah pada proses pengiriman data dalam bentuk enkripsi pada aplikasi absensi, data secara otomatis terkirim ke database dalam bentuk data enkripsi dan dekripsi. Pengkodean sistem dilakukan dengan menggunakan JAVA, PHP dan MYSQL. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pengamanan data absensi berbasis android, untuk mempermudah absensi yang bekerja di proyek lapangan sehingga data aman dan cepat hingga sampai kepada pihak yang terkait. Dari uraian di atas diharapkan dapat diperoleh data kehadiran yang asli.


Keywords


Absensi berbasis android; Algoritma RSA; Enkripsi dan Dekripsi

References


Manurung, J., Sirait, K., Panggabean, J. F., & Komputer, D. (2018). Penerapan Algoritma Rsa Untuk Pengamanan File.

Terakreditasi DIKTI, 2(2), 112–116.

Hermansa, Umar, R., & Yudhana, A. (2019). Analisis Sistem Keamanan Teknik Kriptografi Dan Steganografi Pada Citra Digital ( Bitmap ). Seminar Nasional Teknologi Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana, 1–9.

Pratama, L., & Subandi, S. (2018). Pengamanan Table Database Menggunakan Kriptografi Algoritma Rsa. Skanika, 1(3), 925–930.

Sulaiman, R., & Vebu, M. (2018). Peningkatan Keamanan Pesan Berbasis Android Menggunakan Algoritma Kriptografi RSA. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(2), 116. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i2.574

Enny Dwi Oktaviyani, Deddy Ronaldo, & Mustafa Arifin. (2019). Aplikasi Booking Kost Berbasis Android Di Kota Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 1–11. https://doi.org/10.47111/jti.v13i2.250.

Natsir, M. (2016). Pengembangan Prototype Sistem Kriptografi Untuk 61 Enkripsi Dan Dekripsi Data Office. Jurnal, 6, 2089–5615.

Trimarsiah, Y., & Arafat, M. (2017). Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana. Jurnal Ilmiah MATRIK, Vol. 19 No, 1–10.

Mitra, V., Sujaini, H., Negara, A. B. P. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Web Scraping untuk Korpus Paralel Indonesia-Inggris dengan Metode HTML DOM. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 5(1), 36-41.

Novendri, M. S., Saputra, A., & Firman, C. E. (2019). Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan Php Dan Mysql. Lentera Dumai, 10(2), 46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.