Sistem Informasi Rekam Medis Kesehatan Ibu dan Anak Pada Klinik Bidan Gita Marissa Dengan Menggunakan Framework CodeIgniter

Mutiara Qur'aini, Erly Krisnanik

Abstract


Aplikasi Sistem Informasi Rekam Medis Kesehatan Ibu dan Anak Pada Klinik Bidan Gita Marissa Dengan Menggunakan Framework CodeIgniter merupakan pengembangan dari sistem pencatatan rekam medis yang ada di Klinik Bidan Gita Marissa. Sistem pencatatan rekam medis kesehatan ibu dan anak pada klinik tersebut masih dilakukan secara manual sehingga dapat menyebabkan terjadinya redudansi data, keterlambatan pencarian informasi, resiko kerusakan data serta belum adanya sistem pencatatan obat. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan mengembangan sistem dengan membuat sebuah aplikasi sehingga dapat mempermudah bidan untuk mengelola sistem rekam medis kesehatan ibu dan anak menjadi lebih efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode prototype dan pemodelan Unified Modeling language (UML). Sedangkan untuk pembuatan aplikasinya peneliti menggunakan framework codeigniter dan MySQL untuk menyimpan database nya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut telah dihasilkan sebuah Aplikasi Sistem Informasi Rekam Medis Kesehatan Ibu dan Anak yang diharapkan dapat meningkatkan mutu dan pelayanan Klinik Gita Marissa.


Keywords


Rekam Medis; Klinik; Sistem Informasi; Framework CodeIgniter

References


Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis. 2008.

Supono dan Vidiandry Putratama, Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework CodeIgniter. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

M. K. Muharto dan Arisandy Ambarita, Metode Penelitian Sistem Informasi: Mengatasi Mahasiswa Kesulitan dalam Menyusun Proposal Penelitian. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Y. Asbar and M. A. Saptari, “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. Visioner Strateg., vol. 6, no. 2, pp. 41–42, 2017.

I. Akil, Referensi dan Panduan UML 2.4 Singkat Padat dan Jelas. Surabaya, Indonesia: CV. Garuda Mas Sejahtera, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.