Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemantauan Migrasi Pelanggan Berbasis Web (Studi Kasus : PT Telkom Indonesia)

Aditya Rizky, Rania Ramadhina, Sarika Afrizal

Abstract


Dalam melakukan proses modernisasi, perlu adanya sebuah sistem pendukung agar proses bisnis dapat berjalan dengan lancar dan cepat sehingga tujuan dari PT Telkom Indonesia dapat tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, proses monitoring menjadi hal yang sangat penting, salah satunya yaitu pergerakan komposisi pelanggan fiber dan non-fiber. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem informasi yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pemantauan migrasi dengan adanya update detail data pelanggan yang disajikan pada halaman website, serta menampilkan informasi terkait progress yang telah dilakukan. Perancangan sistem informasi ini menerapkan model waterfall dan menggunakan pemodelan desain berorientasi objek dengan diagram Unified Modeling Language (UML). Dalam penerapannya, sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySQL sebagai database. Sistem ini dapat bermanfaat dalam pemantauan migrasi pelanggan agar menjadi lebih efektif dan efisien.


Keywords


Sistem informasi migrasi; UML; website; waterfall

References


Adiguna, A. R., Saputra Chandra, M., & Pradana, F. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Gudang pada PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya. Pengantar Sistem Informasi, 2(2), 612–621.

Enterprise, J. (2018). HTML, PHP, dan MySQL untuk Pemula. Elex Media Komputindo.

Peranginangin, K. (2006). Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi, 2.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak, Informatika Bandung ed. Bandung, Indonesia: Informatika Bandung.

SM, I., & Pratama, P. A. E. (2014). Smart City Beserta Cloud Computing Dan Teknologi Pendukung Lainnya. Bandung: Informatika.

Sutabri, T. (2019). Sistem Informasi Manajemen (Edisi Revisi). Yogyakarta: Andi.

Whitten, J. L. dan Bentley, L. D. (2007). Systems Analysis and Design Methods. New York: McGraw-Hill.

Yurindra. (2017). Software Engineering. Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.