Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Fadhil Wintan Hukama Maharana, Nurhafifah Matondang

Abstract


Perkembangan teknologi informasi membuat teknologi informasi menjadi fasilitas utama bagi berbagai kegiatan dalam sektor kehidupan, Fakultas Ilmu Komputer di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta telah memanfaatkan teknologi informasi sebagai fasilitas untuk mempermudah mahasiswa mahasiwa untuk melakukan berbagai kegiatan. Penelitian ini dilakukan untuk pengembangan teknologi informasi media bantu tanya jawab sebagai media pelayanan yang sebelumnya masih belum terkomputerisasi sehingga apabila pihak internal maupun eksternal mempunyai masalah atau pertanyaan maka harus menghubungi pihak terkait atau teknisi yang bisa membantunya. Pengembangan teknologi informasi ini menggunakan metode SDLC dengan strategi waterfall dimana proses pembuatan secara terstruktur dan berurutan mulai dari analisa, desain, coding & testing, implementasi, dan maintenance. Pengembangan teknologi informasi berbasis web ini menggunakan ReactJS yang merupakan open-source library JavaScript dan NodeJS sebagai pemrograan yang berjalan di sisi server yang menghubungkan dengan PostgreSQL. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah teknologi informasi helpdesk yang bisa membantu pihak fakultas memberikan pelayanan yang lebih baik.

Keywords


Helpdesk; SDLC; ReactJS

References


Beisse, Fred. A Guide to Computer User Support for Help Desk and Support Specialist.674.https://doi.org/10.1177/0146167207312313

Sommerville, I. (2011). Software Engineering 9th Edition. Addison-Wesley.

Ragil, Wukil. 2010:17. “Analisis menggunakan Metode Pieces”. Jakarta.

Kumar, A., & Singh, R. K. (2016). Comparative Analysis of AngularJS and React JS. Comparative Analysis of AngularJS and React JS, 7, 225–227. https://doi.org/10.21172/1.74.030

Iqbal C. R, Muhammad, Muchammad Husni, Hudan Studiawan,2012. Implementasi Klien SIP Berbasis Web Mengunakan HTML5 dan Node.Js. (http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/643).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.