Perancangan Sistem Informasi Pendataan Alumni Berbasis Web (Studi Kasus: SMA Negeri 94 Jakarta)

Dandi Agih Kusdinar, Ika Nurlaili Isnainiyah

Abstract


Perkembangan teknologi informasi di bidang pendidikan dimanfaatkan sebagai media untuk membantu meningkatkan pelayanan institusi-institusi pendidikan. SMAN 94 Jakarta merupakan salah satu institusi pendidikan yang melakukan pendataan alumni setiap tahunnya, namun proses pendataan alumni dilakukan secara manual dengan menggunakan media kertas. Hal tersebut tidak efektif dan efisien untuk menghasilkan sebuah informasi. Penelitian ini bertujuan menciptakan suatu sistem informasi yang memanfaatkan fasilitas web pada institusi SMA Negeri 94 Jakarta untuk membantu mendata alumni. Penyusunan sistem informasi ini menggunakan metode waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML, PHP, dan JavaScript yang didukung dengan MySQL sebagai basis datanya. Selain itu, penyusunan sistem informasi ini dibangun dengan memanfaatkan suatu framework PHP dengan konsep MVC yang dinamakan Laravel untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sistem informasi pendataan alumni SMA Negeri 94 Jakarta dapat menunjang proses pendataan alumni menjadi suatu bahan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan.

Keywords


Alumni; Laravel; Waterfall; Website

References


Anggraeni, Elisabet Yunaeti dan Rita Irviani. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Rukun, Kasman dan B. Herawan Hayadi. 2018. Sistem Informasi Berbasis Expert System. Sleman: Deepublish Publisher.

Rahayu, Woro Isti, Ravi Rahmatul Fajri, dan Parhan Hambali. 2020. Rancang Bangun Aplikasi Penentu dan Share Promosi Produk kepada Pelanggan dari Website ke Media Sosial Berbasis Desktop. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Yurindra. 2017. Software Engineering. Yogyakarta: Deepublish.

Yudhanto, Yudho dan Helmi Adi Prasetyo. 2019. Mudah Menguasai Framework Laravel. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mumpuni, Indah Dwi dan Weda Adistianaya Dewa. (2017). “Analisis dan Pengembangan Sistem Self Services Terminal (SST) dengan Pendekatan PIECES pada STMIK Pradnya Paramita Malang” dalam MATICS: Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Volume 9, No. 1 (hlm. 12−17).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.